Mudik Gratis Pemkot Malang Ramai Peminat, Rute Banyuwangi Ludes

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

19 Maret 2024 08:40 19 Mar 2024 08:40

Thumbnail Mudik Gratis Pemkot Malang Ramai Peminat, Rute Banyuwangi Ludes Watermark Ketik
Widjaja Saleh Putra, Kepala Dishub Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Program Ayo Mudik Gratis 2024 milik Pemerintah Kota Malang sudah ramai diserbu oleh masyarakat. Sejak dibukanya pendaftaran pada 18 Maret 2024 kemarin, rute Kota Malang menuju Banyuwangi telah ludes.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Widjaja Saleh Putra menjelaskan terdapat dua bis dengan rute yang berbeda menuju tujuan akhir di Banyuwangi.

"Kurang tahu kenapa yang paling banyak itu ke Banyuwangi. Berarti banyak orang Kota Malang yang dari Banyuwangi. Padahal ada dua bis untuk jurusan ke Banyuwangi," ujar Widjaja saat ditemui pada Selasa (19/3/2024).

Adapun rute untuk armada pertama ialah Malang - Probolinggo - Situbondo - Banyuwangi, dan rute armada berikutnya yakni Malang - Probolinggo - Lumajang - Jember - Banyuwangi.

"Jurusan Banyuwangi sudah mulai kemarin penuhnya. Nanti kita evaluasi mana yang kosong, mana yang bisa dialihkan," lanjutnya.

Selain ke Banyuwangi, jurusan lain yang telah banyak terisi ialah ke Madura. Dishub Kota Malang telah menyiapkan tiga armada dengan rute yang berbeda. Rute pertama ialah Malang - Bangkalan, kemudian yang ke dua Malang - Sampang - Pamekasan, dan terakhir Malang - Sampang - Pamekasan - Sumenep.

Widjaja menjelaskan hingga pukul 10.00 WIB tadi, dari 10 kendaraan yang disiapkan, jumlah kursi yang telah terpenuhi mencapai 335. Selain itu, kuota mudik gratis yang disiapkan Pemkot Malang hanya berkisar 450 tempat duduk.

"Mudah-mudahan prediksi kami sangat dimungkinkan kuotanya habis hari ini. Dari 10 kendaraan bus, seat atau tempat duduk yang terpenuhi sudah 335. Nanti kita kasih layanan goodie bag untuk makan dan snack untuk perjalanan atau buka puasa," kata Jaya.

Pelaksanaan mudik gratis juga sebagai upaya Pemkot Malang menekan inflasi yang disebabkan dari sektor transportasi. Melalui mudik gratis tersebut risiko kecelakaan dan kemacetan dapat perlahan dikurangi.

"Dengan menggunakan bus ini berarti mengurangi konsumsi kendaraan pribadi. Selain itu untuk mengatasi inflasi akibat kebutuhan tiket kendaraan. Mereka semula tujuannya beli tiket, kita tekan melalui mudik gratis. Ini menunjang untuk pengendalian inflasi dan mengurangi risiko kemacetan," tutup Jaya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Dishub Kota Malang Mudik Gratis Pemkot Malang Mudik Gratis 2024 Kota Malang bulan Ramadan Mudik Lebaran Widjaja Saleh Putra Kepala Dishub Kota Malang