Partai Ummat 98 Persen Dukung Anies Baswedan Capres 2024 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

14 Februari 2023 07:59 14 Feb 2023 07:59

Thumbnail Partai Ummat 98 Persen Dukung Anies Baswedan Capres 2024  Watermark Ketik
Anies Baswedan saat ada di Kanal Youtube Merry Riana. (Foto: tangkapan layar Youtube) 

KETIK, JAKARTA – Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais mengungkapkan bahwa kader Partai Ummat banyak yang menginginkan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi bakal calon presiden (capres) untuk Pemilu 2024.

Ada tiga bakal capres yang diajukan ke pengurus pusat Partai Ummat. Mereka adalah Anies, eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Kita ini ingin Presiden yang ada isinya, yang tidak ingin menyesatkan rakyat. Nanti kita uji apa Anies, apa Gatot, apa Prabowo," ujar Amien saat ditemui di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (13/2).

Juru bicara Partai Ummat Mustofa Nahrawardaya menuturkan hampir 98 persen DPW-DPD tingkat daerah menyerukan nama Anies menjadi capres yang didukung Partai Ummat.

Mustofa menuturkan nama mantan Gubernur DKI Jakarta itu unggul jauh dari Prabowo dan Gatot.

"Anies hampir 98 persen lah itu, Prabowo tiga koma sekian persen, sisanya Gatot, jauh, jauh banget," kata Mustofa.

Menurut Mustofa, Anies diidamkan karena dianggap dekat dengan umat Islam. Prabowo juga masuk dalam daftar tokoh yang dikehendaki karena dulu dekat dengan pemilih Islam di Pilpres 2019.

"Kalau Anies dan Prabowo itu spesial banget alasannya karena keduanya memiliki ikatan emosional dengan umat islam sebagai basisnya Partai Ummat dalam Pemilu 2019 dan Pilkada DKI 2017," kata dia.

Sementara itu, munculnya nama Prabowo Subianto juga dianggap memiliki hubungan emosional dengan umat Islam saat mengikuti Pilpres 2019. "Kalau Anies dan Prabowo itu spesial banget," ucapnya.

"Alasannya karena keduanya memiliki ikatan emosional dengan umat Islam sebagai basisnya Partai Ummat dalam Pemilu 2019 dan Pilkada DKI 2017," tambah Mustofa.

Sebelumnya, Anies, Gatot dan Prabowo diundang oleh Partai Ummat untuk hadir dalam rakernas pertama mereka pada 13-15 Februari 2023 di Jakarta guna menggali lebih jauh visi dan misinya.

Rakernas juga akan mengeluarkan rekomendasi bakal calon presiden mereka yang selanjutnya diberikan kepada Majelis Syura untuk disidangkan.

"Diharapkan pada Rakernas akan ada usulan nama dari DPW dan DPD yang diserahkan ke Majelis Syura dan Majelis Syura akan bersidang untuk menentukan nama," kata Wakil Ketua Umum Partai Ummat Buni Yani. (*)

Tombol Google News

Tags:

Anies Baswedan Partai Ummat calon presiden Mejelis Syura