Pedagang Pasar Comboran Malang Kembali Buka Lapak Usai Peristiwa Kebakaran

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

17 September 2024 15:06 17 Sep 2024 15:06

Thumbnail Pedagang Pasar Comboran Malang Kembali Buka Lapak Usai Peristiwa Kebakaran Watermark Ketik
Kondisi lantai satu di Pasar Comboran Malang yang sudah banyak pedagang kembali buka lapak. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Beberapa pedagang di Pasar Comboran Malang terlihat mulai kembali beraktifitas. Sejumlah lapak dagangan sudah dibuka di area lantai satu pasca peristiwa kebakaran. 

Ketua Paguyuban Pasar Baru Barat Comboran, Mochammad Samidi menjelaskan aktivitas pedagang telah dimulai sejak kemarin, 16 September 2024. 

"Sudah mulai kemarin pedagang mulai berjualan, tapi di lantai dasar saja. Itu pun dengan pintu terbatas," ujar Samidi, Selasa 17 September 2024. 

Terdapat sekitar 100 pedagang yang aktif berjualan di lantai satu. Proses jualan tersebut dilakukan usai melakukan pembersihan di sekitar pasar. 

"Mereka inisiatif sendiri. Setelah dibersihkan, baru mereka mulai buka lagi. Itu pun pintunya terbatas semuanya," lanjutnya. 

Namun tidak semua area pasar dapat digunakan. Masih terdapat garis polisi yang tidak boleh dilintasi oleh pedagang khususnya di lantai dua dan tiga. Bahkan akses pintu utama pun masih ditutup. 

"Untuk yang tidak boleh ditempati, itu kan sudah diberi police line dan dijaga oleh pengawas ketertiban. Jadi mulai kemarin daerah police line sudah dijaga polisi, yang lantai dasar sudah mulai aktif berdagang, beraktivitas," tambahnya. 

Beberapa pedagang mengeluhkan lapaknya yang belum dapat teraliri listrik. Mayoritas di lantai satu diisi oleh pedagang sembako, bumbu dapur, ayam, hingga kelapa. 

Sementara itu pedagang yang terdampak musibah kebakaran akan direlokasi dalam waktu dekat. Relokasi dilakukan di lantai dua sebelah selatan pada kios yang sudah lama tidak ditempati. 

"Tadi saya sudah bertemu Kepala Diskopindag, bahwa relokasi secepatnya dilakukan. Tempatnya kan sudah ada, di lantai dua sebelah selatan. Itu ada ratusan kios yang kosong," tambahnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pasar Comboran Malang Kebakaran Pasar Comboran Kota Malang Pedagang Pasar Comboran