KETIK, JEMBER – Layanan Anjungan Digital Desa Sidomukti (ADDS) layaknya pelayanan di perbankan. Merupakan layanan teknologi maju yang diterapkan pemerintah desa setempat.
Terkait layanan menggunakan teknologi tersebut, diketahui mendapat apresiasi langsung dari Wakil Bupati Jember Djoko Susanto. Hal itu diketahui, saat Wabup Djoko melakukan peninjauan kerja ke Desa Sidomukti, Kecamatan Mayang, Jember, Rabu, 5 Maret 2025.
Menurut Djoko, pelayanan menggunakan teknologi IT dinilai memberikan kemudahan bagi masyarakat. Tidak hanya di wilayah kota, masyarakat desa juga memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan mudah. Terlebih berkaitan dengan pelayanan umum bagi masyarakat.
"Dari peninjauan kerja saya di Desa Sidomukti. Adanya penerapan teknologi layaknya ATM (Anjungan Tunai Mandiri) perbankan ini. Menurut saya keren dan kira-kira begitulah," kata Djoko saat dikonfirmasi sejumlah wartawan disela kunjungannya.
Wabup Jember Djoko Susanto saat Mengecek koneksi data online di web Desa Sidomukti. (Foto: Muhammad Hatta/ Ketik.co.id)
Masyarakat di Desa Sidomukti dipermudah, kata Djoko, saat membutuhkan pelayanan kebutuhan atau kepentingan umum. Dengan penerapan teknologi ini, melayani masyarakat menjadi cepat dan mudah.
"Jadi semua layanan yang dibutuhkan untuk harus datang ke kantor desa. Sekarang tidak harus antri lama dan panjang. Cukup dari rumah, dan nanti dokumen yang dibutuhkan tinggal ambil ke kantor desa," ujarnya.
"Hal ini tentu memangkas waktu harus antre lama. Sekarang lebih cepat. Ini adalah langkah maju yang akan membawa desa lebih dekat dengan kemajuan teknologi. Ke depan, kami akan terus mendukung agar Desa Sidomukti menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Jember," sambungnya.
Wabup Jember Djoko Susanto dan Kades Sidomukti Saat Diskusi Soal Teknologi IT untuk Pelayanan Masyarakat. (Foto: Muhammad Hatta/ Ketik.co.id)
Menanggapi hal itu, Kades Sidomukti Sunardi Hadi menjelaskan fasilitas apa saja yang dapat dilayani menggunakan ADDS tersebut.
Bahkan Sunardi juga menjelaskan, bagaimana pelayanan digital ADDS itu. Juga terkoneksi secara langsung lewat daring dan realtime. Sehingga masyarakat di Desa Sidomukti, mendapatkan segala informasi secara cepat, transparan, dan terbuka.
"Masyarakat bisa urus sendiri secara online, lewat anjungan itu tinggal cetak. Jadi masyarakat terlayani tanpa harus menunggu ataupun antre datang ke kantor desa," ucapnya.
Untuk mengakses semua layanan desa secara online itu, lanjutnya, bisa diakses di laman web sidomukti-mayang.id.
"Biar tidak lupa kami bagikan stiker (laman web Desa Sidomukti). Masyarakat tingga buka HP dan langsung mengakses segala informasi Desa Sidomukti secara online," katanya.
"Lebih efisien dan lebih cepat, nantinya akan terkoneksi dengan TTE (tanda tangan elektronik). Jadi meskipun kita ada tugas di luar, masyarakat maih bisa kita layani lewat online itu," sambungnya.
Lebih lanjut Sunardi menjelaskan, pelayanan desa secara digital ini merupakan terobosan maju.
"Upaya digitalisasi ini, juga mendukung program pemerintah daerah dalam mewujudkan Jember Baru Jember Maju," tandasnya. (*)