Pemkab Jember Bakal Bangun Fasilitas Pendukung Penerapan SSA Wilayah Kampus

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Naufal Ardiansyah

4 November 2023 10:50 4 Nov 2023 10:50

Thumbnail Pemkab Jember Bakal Bangun Fasilitas Pendukung Penerapan SSA Wilayah Kampus Watermark Ketik
Bundaran Waru depan DPRD Jember saat uji coba sistem satu arah wilayah kampus. (Foto: Dishub Jember)

KETIK, JEMBER – Untuk mendukung penerapan sistem satu arah (SSA) wilayah kampus Kabupaten Jember di Jalan Jawa, Kalimantan, Mastrip, dan Riau, akan ada perbaikan fasilitas umum di empat ruas jalan tersebut.

Akan ada pembangunan wilayah kampus yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember agar memaksimalkan penggunaan jalan saat penerapan SSA nantinya.

Dinas Perhubungan (Dishub) Jember mengakui ada beberapa poin evaluasi Forum LLAJ yang harus diselesaikan sebelum menetapkan kebijakan SSA, dimana saat ini masih dalam tahap uji coba.

“Kita lihat SSA penuh 24 jam ini masih banyak kekurangan, nanti kita bekerjasama dengan seluruh stakeholder mempersiapkan Kawasan Edukatif, Kreatif dan Berbudaya,” ungkap Kadishub Jember Agus Wijaya, Sabtu (4/11/2023).

Melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan SDA (PUBMSDA) segera melakukan perbaikan sarana prasarana utamanya membangun alternatif tembusan antara Jalan Jawa 7 dan Jalan Mastrip. 

“Terus melakukan survei selain Jalan Jawa 7, yang terdampak SSA kita lakukan pemeliharaan,” ujar Kepala Dinas PUBMSDA, Rahman Anda.

Selain pembangunan jalan yang akan dilaksanakan tahun 2024, akan diikuti pengadaan kelengkapan jalan seperti fasilitas pedestrian/trotoar, dan drainase.

Revitalisasi perbaikan kelengkapan jalan dilakukan untuk mencapai program strategis Pemkab Jember mewujudkan kawasan kampus menjadi Kawasan Edukatif, Kreatif dan Berbudaya. Sedangkan SSA merupakan langkah awal inisiasi program tersebut. (*)

Tombol Google News

Tags:

sistem satu arah SSA wilayah kampus evaluasi perbaikan fasilitas pendukung jalan alternatif Pedestrian trotoar Kawasan Edukatif Kreatif dan Berbudaya Jember