Pemkab Sidoarjo Respons Permintaan Masyarakat, 20 Ruas Jalan Lagi Dibeton Tahun Ini

Editor: Fathur Roziq

9 Maret 2024 04:00 9 Mar 2024 04:00

Thumbnail Pemkab Sidoarjo Respons Permintaan Masyarakat, 20 Ruas Jalan Lagi Dibeton Tahun Ini Watermark Ketik
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) menyampaikan capaian program pembetonan jalan dalam rapat paripurna DPRD Sidoarjo pada Rabu (6/3/2024). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Masyarakat telah merasakan manfaat pembangunan jalan beton yang gencar dilakukan di berbagai kecamatan sejak 2021. Pada 2024 ini, pembetonan jalan di desa-desa dan kecamatan pasti berlanjut. Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali terus mendengarkan dan merespons permintaan warganya.

Data Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM SDA) Sidoarjo menyebutkan, ada 20 ruas jalan lagi yang bakal dibeton. Semua mulai digarap pada triwulan pertama. Dengan begitu, hasilnya segera bisa dirasakan masyarakat.

Baik kenyamanan transportasi, kemudahan dan kecepatan distribusi barang, maupun mobilitas penduduk. Dampak positif lainnya ialah mendukung konektivitas masyarakat pedesaan dan perkotaan, serta mendukung pengembangan properti dan sektor industri.

”Program jalan beton ini merupakan komitmen kami untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Tentu diharapkan kesejahteraan masyarakat meningkat,” ungkap Gus Muhlor, sapaan  Bupati Ahmad Muhdlor pada Jumat (8/3/2024).

Gus Muhdlor menyatakan, proyek betonisasi jalan direncanakan secara cermat. Mempertimbangkan aspek-aspek lingkungan dan keberlanjutan program itu sendiri ke depan. Sebab pembangunan infrastruktur jalan beton diharapkan berdampak ganda. Dari sektor ekonomi, transportasi, serta keterhubungan antarwilayah.

’’Kalau jalannya baik, aktivitas ekonomi pasti lancar. Secara otomatis pertumbuhan ekonomi meningkat. Investor pun semakin tertarik untuk datang ke Sidoarjo,” terangnya.

Thoyib, warga Krian, mengaku telah merasakan manfaat pembangunan jalan beton itu. Dari tempat tinggalnya Krian, dia dengan mudah bisa mengakses jalan ke mana saja. Ke Sukodono, Taman, tembus ke Gedangan.

Kalau ke Kota Sidoarjo, cukup melewati desa-desa di Krian sambung ke Wonoayu, sudah sampai ke kawasan Sumput dan Sarirogo. ”Kalau lewat jalan besar, seperti harus memutar. Waktunya juga lebih lama,” ungkap karyawan sebuah perusahaan swasta di Kota Sidoarjo itu.

Secara terpisah, Kepala Dinas PU BM SDA Sidoarjo Dwi Eko Saptono mengatakan, pembangunan 20 ruas jalan yang akan dibeton itu didasar pertimbangan urgensi. Mana yang perlu segera diperbaiki. Beberapa jalan sudah rusak dan membahayakan pengendara. Terutama sepeda motor.

”Awal tahun 2024 ini, pembangunan 6 ruas jalan yang sudah turun SPK (surat perintah kerja). Yang 14 jalan lainnya masih berproses,” jelasnya.

Dwi Eko Saptono menyebutkan, 20 ruas jalan yang akan dibeton itu tersebar di berbagai desa dan kecamatan.

 

1.       Ruas Jalan Bakung Pringgodani

2.       Ruas Jalan Dukuhsari--Semambung

3.       Ruas Jalan Seduri A

4.       Ruas Jalan Seduri B

5.       Ruas Jalan Kludan--Kenongo

6.       Ruas Jalan Jabon

7.       Ruas Jalan KH Husein

8.       Ruas Jalan Wonoplintahan--Jedong

9.       Ruas Jalan Banjarsari--Dukuhtengah

10.     Jalan Sukodono Ponokawan--Masanganwetan Sukodono

11.     Ruas Jalan Modong---Grabagan

12.     Ruas Jalan Ngelom--Barengkrajan

13.     Ruas Jalan Bakung Pringgodani --Penambangan

14.     Ruas Jalan Bringinbendo--Sidodadi

15.     Ruas Jalan Candinegoro--Terungkulon

16.     Ruas Jalan Mergosari

17.     Ruas Jalan Tebel---Gemurung

18.     Ruas Jalan Wage

19.     Ruas Jalan Pilang Sawocangkring

20.     Ruas Jalan Banjarsari—Tanggulangin. (*)

Tombol Google News

Tags:

sidoarjo Pemkab Sidoarjo Gus Muhdlor Bupati Muhdlor Jalan Beton Proyek Infrastruktur Bina Marga Sidoarjo