Pemkot Batu Siapkan Langkah Antisipasi Membeludaknya Wisatawan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

13 April 2023 09:26 13 Apr 2023 09:26

Thumbnail Pemkot Batu Siapkan Langkah Antisipasi Membeludaknya Wisatawan Watermark Ketik
Penjabat Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat ditemui di kantor BKSDM Jatim, Selasa (11/4/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Menyambut musim libur Lebaran tahun 2023, pemerintah Kota Batu melakukan berbagai persiapan untuk menyambut para wisatawan. Hal ini perlu dilakukan mengingat Kota Batu merupakan kota wisata yang sering menjadi tujuan masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya.

Sejauh ini pemkot Batu telah melakukan sejumlah upaya koordinasi dengan sejumlah pihak terkait terutama untuk mengatur arus lalu lintas yang masuk dan keluar Kota Batu.

Aries Agung Paewai selaku Penjabat Wali Kota Batu mengatakan untuk mengantisipasi membeludaknya jumlah wisatawan dirinya telah melakukan koordinasi salah satunya dengan pihak Polres Batu dan Dinas Perhubungan untuk mengatur lalu lintas dan keamanan para wisatawan. Dirinya memprediksi akan ada sekitar 1 juta wisatawan yang memadati Kota Batu pada musim libur lebaran nanti.

"Sejauh ini kami telah menetapkan titik titik yang kemungkinan akan terjadi kemacetan dan nantinya akan kami lakukan simulasi di titik tersebut. Dan nantinya pada 14 April akan kami putuskan titik mana saja yang dapat mengurai kemacetan secara signifikan," Jelas Aries saat di temui di Gedung BKSDM Pemprov Jatim, Selasa (11/4/2023).

Selain itu Pemkot Batu juga menyiapkan rencana lain seperti pemberlakuan jam jam tertentu untuk mengatur dan membatasi kendaraan yang akan masuk ke Kota Batu.

Aries juga menambahkan pihaknya sudah mempersiapkan kantong kantong parkir untuk kendaraan besar seperti bus. Hal ini lantaran selama musim libur lebaran kendaraan besar akan dilarang untuk memasuki Kota Batu.

"Untuk mengurangi penumpukan kendaraan di jalan kami telah menyiapkan lahan parkir salah satunya terminal untuk digunakan kendaraan besar seperti bus. Kami juga menyiapkan kendaraan shuttle yang nantinya akan mengantarkan wisatawan dari tempat parkir menuju tujuan wisata," tambah Aries.

Untuk kendaraan shuttle, Pemkot Batu akan memberdayakan angkutan kota (angkot) yang ada di terminal terminal. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk turut memberdayakan para sopir angkot agar dapat menambah penghasilan mereka selama musim libur lebaran.(*)

Tombol Google News

Tags:

Libur lebaran mudik wisatawan Kota Batu Lalu lintas kemacetan