Pengembangan Pengelolaan Air, PJT I Jalin Kerja Sama dengan CISPDR China

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Mustopa

24 Mei 2024 18:01 24 Mei 2024 18:01

Thumbnail Pengembangan Pengelolaan Air, PJT I Jalin Kerja Sama dengan CISPDR China Watermark Ketik
Penandatanganan MoU tripartit tiga BUMN Indonesia dan China saat WWF 2024. Dari kiri Pgs. Direktur Utama PJT I Milfan Rantawi, Chairman of the Board CISPDR Xiangyang Hu dan Direktur Utama PT Indra Karya Gok Ari Joso Simamora, Jumat (24/5/2024). (Foto: Humas PJT I)

KETIK, SURABAYA – Perum Jasa Tirta (PJT) I menjalin kerjasama dengan Changjiang Institute of Survey, Planning, Design and Research (CISPDR) China serta PT Indra Karya (Persero) untuk pengembangan dalam pengelolaan sumber daya air dan energi terbarukan.

Pengelolaan sumber daya air meliputi pengembangan EBT dengan fokus khusus pada teknologi pumped storage atau pompa penyimpanan untuk pembangkitan PLTA. Perjanjian ini dilakukan di World Water Forum (WWF) 2024.

"Tentunya pertemuan berbagai pihak didukung oleh stakeholder terkait menjadi upaya bersama untuk memetakan isu strategis seputar pengelolaan SDA, energi dan sejumlah isu penting lainnya," ujar Pgs Direktur Utama PJT I, Milfan Rantawi, Jumat (24/5/2024).

Penandatanganan MoU tripartit antara PJT I, CISPDR dan PT Indra Karya menjadi salah satu upaya untuk menyelesaikan isu strategis yang dihadapi seluruh pihak.

"Harapan saya, kerja sama ini dapat meningkatkan hubungan antara Indonesia dan China dalam skala yang lebih luas, khususnya dalam hal meningkatkan kapasitas pengembangan pengelolaan SDA di Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, isu green energy juga menjadi krusial dan diharapkan kerjasama tersebut memberikan dampak. Seperti mempercepat eskalasi implementasi penerapan green energy untuk mendukung program pemerintah Indonesia.

Dengan menggandeng CISPDR dan Indra Karya, Milfan meyakini dapat menciptakan sinergi bagi seluruh pihak terkait. Bahkan, ia optimistis mampu memberikan efek positif bagi Indonesia dan China secara umum dan tentunya kepada seluruh pihak terkait.

“Solusi inovatif dan berkelanjutan ini diharapkan dapat diperoleh agar ke depannya kita dapat menemukan solusi efektif pengelolaan SDA dan penerapan EBT di Indonesia yang lebih ramah lingkungan," pungkasnya. (*)

Tags:

Perum Jasa Tirta 1 Pengelolaan air World Water Forum (WWF) 2024 Jawa timur Surabaya