Pengidap Hipertensi Boleh Makan 5 Jenis Seafood Ini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moana

4 Januari 2023 07:13 4 Jan 2023 07:13

Thumbnail Pengidap Hipertensi Boleh Makan 5 Jenis Seafood Ini Watermark Ketik
Ilustrasi Ikan ( foto : pixabay )

KETIK, SURABAYA – Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan banyak komplikasi bagi tubuh.

Oleh sebab itu, orang dengan riwayat penyakit hipertensi harus memperhatikan asupan makanan dan rajin berolahraga.

Merujuk laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia tahun 2019, jumlah orang yang menderita hipertensi di Indonesia diperkirakan mencapai 1,5 miliar pada 2025.

Kemudian, diprediksi sebanyak 10,44 juta orang setiap tahunnya meninggal karena hipertensi dan komplikasi kesehatan yang terkait dengannya.

Foto Ilustrasi cek tekanan darah ( foto : Pixabay )Ilustrasi cek tekanan darah ( foto : Pixabay )

Menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga, mengurangi konsumsi garam dan tidak merokok sangat penting untuk mencegah terkena penyakit ini.

Untuk makanan yang sehat tidak melulu harus sayuran atau buah. Ada banyak pilihan yang bisa dijadikan menu makana.

Salah satunya adalah ikan. Ikan dikenal memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa ikan yang aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

1. Ikan salmon

Ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Mengonsumsi ikan salmon juga dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Ini merupakan jenis lemak dalam tubuh yang dapat membahayakan kesehatan jantung jika kadarnya berlebihan.

2. Ikan mackerel 

Walaupun ikan ini juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi, namun perlu hati hati dalam mengolahnya. Sebisa mungkin dalam mengolah ikan mackerel jangan sampai menggunakan garam, atau gunakan garam seminimal mungkin.

garam membuat tubuh menahan air. Kadar air yang tinggi di dalam tubuh menyebabkan ekstra tekanan di dinding pembuluh darah. Akibatnya tekanan darah menjadi naik. 

3. Ikan tuna

Dikutip dari laman Express, tuna mempunyai kadar potasium atau kalium yang tinggi sehingga dapat mengurangi efek negatif dari garam di dalam tubuh.

Salah satu penyajian tuna yang cukup mudah adalah dengan dijadikan filling untuk sandwich. Kamu dapat menggunakan roti biji-bijian (whole grain bread) alih-alih roti tawar putih untuk membuat menu lebih sehat.

4. Ikan halibut

Ikan halibut atau sering disebut ikan sebelah mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh misalnya asam lemak omega-3, magnesium, dan selenium. Mengutip WebMD, kandungan magnesium di ikan halibut dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

5. Ikan sarden

Jika dibandingkan dengan ikan lain yang sudah disebutkan diatas . Ikan sarden tergolong ikan yang murah dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Sebaiknya, pilih ikan sarden segar dan dimasak sendiri karena kita dapat mengontrol jumlah garam dan bumbu-bumbu lain yang ditaburkan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ikan Seafood Hipertensi Hidup sehat kesehatan