PENS Selenggarakan Pameran, Wadah bagi Kreativitas Mahasiswa

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

9 Januari 2023 11:34 9 Jan 2023 11:34

Thumbnail PENS Selenggarakan Pameran, Wadah bagi Kreativitas Mahasiswa Watermark Ketik
Suasana Kegiatan PENSFEST di kampus PENS. ( Foto: PENS )

KETIK, SURABAYA – Departemen Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS),Sabtu (7/1) menggelar pameran produk Teknik Informatika, yang merupakan karya mahasiswa PENS tingkat 3.

Sebagai bentuk perpanjangan dari Product Base Learning, pameran ini dilaksanakan secara hybrid yaitu expo offline di Auditorium Lt.6 Gedung Pasca Sarjana Terapan PENS dan virtual exhibition.

Dalam sambutannya, Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Bambang Sumantri menyampaikan jika pameran ini sebagai bentuk penerapan mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) selama satu tahun.

“Inovasi dan produk-produk yang dihasilkan dari mata kuliah ini, berikutnya dapat di expose keluar, dan ditawarkan kepada industri. Karya mahasiswa ini berpotensi menjadi revenue melalui teknopreneur,” terang Bambang.

Menggandeng PT. Maulidan Teknologi Kreatif, beberapa produk menggunakan software Agile. Bambang pun menyampaikan jika platform Agile ini telah menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran bagi angkatan berikutnya, bahkan untuk perguruan tinggi lain.

Foto Sesi Gaming ( foto : PENS )Sesi acara gaming PENFEST. (Foto: PENS)

PENSFest sendiri merupakan agenda tahunan dari Prodi Teknik Informatika. Berkonsep pameran produk IT dari mata kuliah mahasiswa prodi TI di semester 4, yaitu Desain pengalaman pengguna, Workshop pemodelan perangkat lunak, dan Workshop pengembangan perangkat bergerak.

Dan juga mata kuliah di semester 5, yaitu Pengembangan perangkat lunak berbasis Agile, Pengujian dan penjaminan kualitas perangkat lunak, Workshop aplikasi dan komputasi awan, Workshop rekayasa ulang kode.

Nailussa’ada, S.ST, M.Tr.Kom, Dosen Prodi TI sekaligus ketua panitia acara menyatakan kegembiraannya karena acara berjalan lancar dengan mengangkat 9 produk yaitu: Pictsnap, Mirai, Pawang, Marriages story, Contendence, Pick a bin, Hairm, Rakit PC, dan Sandang.

“Bangga sekali terhadap pencapaian adik-adik mahasiswa dari hasil proses yang tidak sebentar untuk mengembangkan produk dan diri mereka. Para peserta juga mendapatkan kesempatan exposure dan branding diri mereka. Melalui karya atau produknya mereka dapat menunjukkan potensinya kepada masyarakat dan industry,” ucap Nailus.(*)

Tags:

Pendidikan Software PENS Kreatifitas mahasiswa