Pentingnya Merawat Kendaraan Setelah Digunakan Mudik

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

25 April 2023 04:00 25 Apr 2023 04:00

Thumbnail Pentingnya Merawat Kendaraan Setelah Digunakan Mudik Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto; Pexels)

KETIK, JAKARTA – Menggunakan kendaraan pribadi saat mudik lebaran masih menjadi pilihan banyak orang, selain karena lebih praktis dan murah banyak pemudik menggunakan kendaraan pribadi agar dapat digunakan untuk jalan jalan di kampung halaman.

Namun disamping itu walaupun terlihat baik baik saja, kendaraan tetap memerlukan perawatan setelah digunakan mudik. Hal ini untuk mencegah kerusakan yang mungkin terjadi selama perjalanan dan agar kondisi kendaraan tetap dalam kondisi prima.

Berikut ini adalah beberapa tips melakukan perawatan kendaraan setelah mudik lebaran.

1. Mengecek Mesin Kendaraan

Setelah melakukan perjalanan jauh, ada baiknya kamu mengecek kondisi mesin untuk melihat performanya. Jika tidak terjadi kerusakan maka kamu hanya tinggal mengganti oli mesinnya saja. Mengganti oli mesin ini sangat penting, Walaupun baru menggantinya sebelum pergi mudik, kamu tetap disarankan untuk mengganti oli lagi setelah kembali dari kampung halaman. 

2. Mengecek kondisi ban

Ban adalah salah satu komponen kendaraan yang wajib dilakukan pengecekam setelah digunakan mudik jarak jauh. Hal ini karena ban kendaraan bekerja cukup keras saat melakukan perjalanan mudik. 

Jika memang ban kamu sudah menurun kondisinya, mau tidak mau, kamu harus menggantinya setelah kembali dari mudik. Namun, ban mobil yang masih bagus kondisinya cukup dipindahkan posisinya saja.

3. Mengecek Kondisi Rem

Rem juga merupakan salah satu komponen kendaraan yang bekerja cukup keras saat mudik lebaran. Hal ini karena selama mudik kita akan sering melakukan pengereman karema kondisi jalanan yanh ramai dan macet.

Jika memang sudah aus, ada baiknya kamu mengganti kampas rem. Selain itu, kamu pun perlu meminta mekanik yang menangani mobil kamu supaya menambah pelumas rem di setiap bannya.

4. Suspensi

Setelah itu jangan lupa untuk memeriksa bagian suspensi. Banyak faktor yang bisa buat suspensi mobil kamu bermasalah setelah melakukan berjalanan jauh. Bukan hanya medan jalanan yang kamu lewati saat berkendara, kecepatan yang kamu pakai juga bisa mempengaruhi suspensi mobil.

5. Accu dan Kelistrikan

Accu merupakan sumber kelistrikan bagi kendaraan, komponem ini juga tidak boleh luput dari pemeriksaan setelah kendaraan digunakan mudik lebaran. Selama mudik, kamu akan memanfaatkan listrik di dalam mobil untuk melakukan banyak hal. Hal yang paling sederhana adalah menyalakan mobil setelah beristirahat atau singgah di suatu tempat. Listrik yang sama juga digunakan untuk lampu jalan dan lampu di dalam kabin.(*)

Tombol Google News

Tags:

Idul Fitri mudik Kendaraan Perawatan Mesin Ban Rem