Penumpang Naik 10,5 Persen pada Angkutan Lebaran 2025, ASDP Catat 21.973 Trip

14 April 2025 19:57 14 Apr 2025 19:57

Thumbnail Penumpang Naik 10,5 Persen pada Angkutan Lebaran 2025, ASDP Catat 21.973 Trip Watermark Ketik
Kapal Ferry saat melayani para pemudik. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Selama periode lebaran 2025, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat terdapat sebanyak 5,82 juta penumpang serta 1,30 juta unit kendaraan. Angka ini mengalami peningkatan sebanyak 10,5 persen dibandingkan Angkutan Lebaran 2024 yang mencatatkan 5,27 juta penumpang. 

Dilansir dari Suara.com jaringan media nasional Ketik.co.id selama periode arus mudik 21-31 Maret 2025 dan arus balik 2-11 April 2025, ASDP mengoperasikan layanan di 15 lintasan utama yang masuk dalam pemantauan nasional.

Adapun jumlah kapal terdiri atas 65 unit kapal milik ASDP Group dan 180 unit kapal milik swasta, dengan total produksi trip mencapai 21.973 trip, naik 4,2 persen dibanding 2024 yang tercatat sebanyak 21.092 trip.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Heru Widodo menjelaskan walaupun dalam jumlah penumpang mengalami kenaikan, tapi dari sisi kendaraan yang dilayani justru mengalami penurunan sebesar 2 persen.

"Hal ini mencerminkan adanya distribusi moda transportasi yang lebih merata dan efisiensi pengaturan lalu lintas di pelabuhan," kata Heru, Minggu 13 April 2025.

Dirinya menyampaikan apresiasi atas kolaborasi intensif antara seluruh pemangku kepentingan, termasuk regulator, operator, aparat keamanan, dan masyarakat. Ia menegaskan bahwa seluruh aktivitas layanan penyeberangan selama masa Lebaran dikendalikan secara penuh oleh manajemen ASDP, baik dari sisi pelabuhan maupun kapal.

"ASDP memprioritaskan aspek keselamatan, kenyamanan, dan kelancaran bagi seluruh pengguna jasa. Posko operasi berjalan efektif, dengan sistem monitoring real time, evaluasi harian, serta kesiapsiagaan petugas selama 24 jam," tambahnya.

Heru juga menyoroti keberhasilan sistem tiket Ferizy yang terbukti mampu mengatur distribusi kendaraan dan mencegah antrean di pelabuhan. Hal ini bentuk inovasi dalam infrastruktur pelabuhan dan berdampak positif dalam layanan transportasi laut.

"Kami terus mengimbau masyarakat agar membeli tiket melalui aplikasi Ferizy dan datang ke pelabuhan sesuai waktu di tiket,” pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

asdp Ferry Ferizy angkutan lebaran Penumpang