Pickleball Jatim Terget 3 Medali Emas, Berangkatkan 12 Atlet

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

9 September 2024 20:45 9 Sep 2024 20:45

Thumbnail Pickleball Jatim Terget 3 Medali Emas, Berangkatkan 12 Atlet Watermark Ketik
Berangkat ke PON XXI 2024 Aceh-Sumut, Pickleball Jatim menargetkan 3 medali emas, Senin, 9 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, BANDA ACEH – Berangkat ke PON XXI 2024 Aceh-Sumut, Pickleball Jatim menargetkan 3 medali emas. Membawa 12 atlet, Pengprov Indonesia Pickleball Federation (IPF) Jawa Timur tak gentar menghadapi provinsi lain dalam perburuan medali emas.

"Tiga medali emas itu target pribadi dari tujuh nomor yang dipertandingkan," kata Ketua IPF Jatim Syaqif Constantin Arsalan, Senin, 9 September 2024.

Syaqif memprediksi tiga medali emas itu, bakal didapat dari nomor tunggal putra, ganda putra, beregu putra tunggal putri, dan beregu putri.

"Hari ini yang bertanding tunggal putra dan tunggal putri. Mulai babak penyisihan sampai final. Insya Allah kita akan dapat medali emas," ujarnya.

Syaqif optimis bakal mampu merebut 3 medali emas. Pasalnya, dari 12 atlet yang dibawa ke PON,  beberapa di antaranya sudah berpengalaman dan sering berkiprah di tingkat nasional maupun internasional.

Untuk yang kerap berkiprah di tingkat nasional, Syaqib menyebut ada nama Rafli dan Ibnu di bagian putra. Sedangkan di bagian putri ada Vera dan Sesha. Empat atlet inilah yang diyakini bakal merebut medali emas.

Belum termasuk atlet bertaraf nasional yang diprediksi juga bakal mampu membuat kejutan. "Materi atlet kita turut menunjang dalam memperebutkan emas. Kita punya atlet yang bagus-bagus," paparnya.

Di PON 2024 ini, pesaing berat Jatim diprediksi bakal datang dari Kaltim. Alasannya, Pengprov IPF Kaltim sudah terbentuk sejak lima tahun lalu. Sedang Pengprov IPF Jatim baru empat tahun terbentuk.

"Saya sendiri baru delapan bulan memimpin Pengprov Pickleball Jatim. Jadi, wajar kalau Kaltim saya anggap sebagai lawan berat Jatim," tutur pria yang akrab dengan wartawan ini.

Pickleball merupakan cabang olahraga (cabor) yang baru pertama kali dipertandingkan di PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

Pickleball adalah olahraga bola padel (mirip olahraga raket) yang menggabungkan tiga jenis olahraga sekaligus. Yakni tenis, badminton dan tenis meja. 

Meski baru dan eksibisi, olahraga asal Amerika Serikat ini diikuti hampir seluruh provinsi di Indonesia. "Ada 28 provinsi yang tampil di PON XXI 2024," pungkas Syaqif tanpa merinci nama provinsi yang sudah mengikuti PON di Aceh dan Sumut itu. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pickleball Jatim PON2024 Koni Jatim PON XXI 2024 Aceh-Sumut