Pj Bupati Bondowoso Bagikan Bantuan Benih Padi untuk 1.000 Hektare Lahan

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Mustopa

28 Maret 2024 09:10 28 Mar 2024 09:10

Thumbnail Pj Bupati Bondowoso Bagikan Bantuan Benih Padi untuk 1.000 Hektare Lahan Watermark Ketik
Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto saat menyerahkan secara simbolis bantuan benih padi Inpari 32 kepada petani (Ari Pangistu/Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Dinas Pertanian Bondowoso memberikan bantuan benih padi Inpari 32 bagi para kelompok tani di beberapa kecamatan. Yakni kecamatan Klabang, Wonosari, Sukosari, dan Binakal, serta Sumber Wringin.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto dan Pj Sekda Bondowoso, Haeriyah Yuliati di Pendopo Kecamatan Wonosari, Kamis (28/3/2024). 

Menurut Kepala Dinas Pertanian Bondowoso, Hendri Widotono, bantuan benih padi diperuntukan bagi 65 kelompok tani dengan luasan lahan total mencapai 1.000 hektare. "Per hektarenya 25 kilogrm,” katanya.

Ia menjelaskan, pemilihan bantuan benih padi Inpari 32 ini merupakan permintaan dari petani dari lima kecamatan itu. 

Sementara di kecamatan lain menyesuaikan dengan permintaan. Karena, bantuan dari Provinsi ini diberikan setiap musim tanam atau tiga bulan sekali dengan jenis bantuan berbeda-beda sesuai permintaan petani. 

“Bantuan ini dari Tugas Perbantuan (TP) Provinsi,” ujarnya. 

Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, menegaskan bantuan ini hanya diberikan kepada kelompok tani Bondowoso, tidak boleh dari luar dan dibuktikan dengan KTP.

“Syaratnya harus petani, bukan petani berdasi,” tegasnya. 

Ia menerangkan, pemberian bantuan ini bertujuan untuk membantu petani mengahadapi El Nino. Sekaligus, upaya pemerintah dalam menekan biaya pertanian yang dikeluarkan oleh petani. 

“Ini juga untuk ketahanan pangan di Bondowoso. Salah satunya untuk mengurangi biaya produksi,” terangnya. 

Ia pun menghimbau agar petani penerima bantuan ini tak menjual bantuan yang diberikan. 

Sememtara itu, salah seorang anggota Kelompok Tani Makmur 3 dari Desa Sukorejo, kecamatan Sumber Wringin, Bakir, mengaku, bersyukur mendapatkan bantun tersebut. 

Lebih-lebih jenis benih padi yang diminta sebenarnya bagus untuk ditanam di sawahnya. Bahkan, sebelum itu dirinya pernah menanam benih dengan jenis padi tersebut. 

“Hasilnya baik, meningkat hasilnya. Biasanya 1 ton, bisa lebih. Tergantung kalau tidak ada penyakit,” ungkapnya. 

Ia sendiri mengaku untuk kelompok taninya mendapatkan 5 kuintal untuk luasan lahan 25 hektar. "Itu cukup, itu kan tanamnya satu-satu,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso #BantuanPetaniBondowoso #PjBupatiBondowoso #DinasPertanianBondowoso
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1