PJ Gubernur Papua Barat Daya Resmi Lepas Jemaah Haji Papua Barat Daya, Ini Rincian Jumlahnya!

Jurnalis: Moh. Awin Macap
Editor: M. Rifat

27 Mei 2024 16:58 27 Mei 2024 16:58

Thumbnail PJ Gubernur Papua Barat Daya Resmi Lepas Jemaah Haji Papua Barat Daya, Ini Rincian Jumlahnya! Watermark Ketik
PJ Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad resmi melepas ratusan jamaah haji Papua Barat Daya (25/5/2024). (Foto: Humas Pemprov Papua Barat Daya)

KETIK, RAJA AMPAT – Pejabat Gubernur Papua Barat Daya, Dr. Drs. Mohammad Musa’ad, M.Si melepas keberangkatan 745 jemaah haji yang berasal dari Papua Barat dan Papua Barat Daya di Dalton Hotel Makassar, Sabtu (25/05/2024).

Acara ini dihadiri Penjabat Gubernur Papua Barat, para Bupati atau yang mewakili, unsur forkopimda, para legislatif dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat.

Pj Gubernur mengatakan, jemaah haji dari Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya adalah orang yang dipanggil Allah untuk beribadah di Makkah dan Madinah sebagai wujud orang yang taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Oleh karena itu, sudah harus siap, tidak ada kata tidak siap, semua sudah harus siap memenuhi panggilan Allah" ujarnya.

Menurut musa’ad, tugas utama dan pertama adalah menuju rumah Allah untuk beribadah, bukan melakukan perjalanan biasa.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Papua Barat, Luksen Jems Mayor dalam laporannya menjelaskan bahwa jemaah haji Provinsi Papua Barat Daya dan Papua Barat masuk kloter 20 dan 21 dengan total jumlah dari dua provinsi itu sebanyak 745 orang, 18 orang merupakan jemaah haji orang asli papua.

Diketahui, jemaah haji Papua Barat Daya berjumlah 374 orang dengan rincian, Kota Sorong 234 orang, Kabupaten Sorong 81 orang, Kabupaten Raja Ampat 25 orang, Kabupaten Sorong Selatan 20 orang, Kabupaten Tambrauw 9 orang dan Kabupaten Maybrat 5 orang yang diberangkatkan dalam kloter 20 dan 21. (*)

Tombol Google News

Tags:

jamaah haji Papua Barat Daya Pj Gubernur Muhammad Musa'ad Pelepasan Jamaah haji 2024