Polisi RW di Magetan Baru Tercover 40 Persen, Ini 10 Pesan Kapolres

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: Marno

20 Mei 2023 14:10 20 Mei 2023 14:10

Thumbnail Polisi RW di Magetan Baru Tercover 40 Persen, Ini 10 Pesan Kapolres Watermark Ketik
Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan saat Mengukuhkan Polisi RW/ Humas Polres Magetan

KETIK, MAGETAN – Ratusan polisi di Magetan mendapat amanah baru dalam mewujudkan situasi yang kondusif (cooling system) di masyarakat. Setidaknya 403 personel Polres Magetan dikukuhkan AKBP Muhammad Ridwan menjadi Polisi Rukun Warga (RW).

Polisi RW yang dibentuk Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan merupakan tindak lanjut dari program kapolri dalam menciptakan situasi kondusif di masyarakat dengan melaksanakan Polmas dalam bentuk Polisi RW.

Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan mengatakan latar belakang pembentukan Polisi RW didasari dari kurangnya interaksi dan komunikasi antara Polri dan masyarakat.

“Menyikapi hal tersebut kita perlu meningkatkan hubungan yang proaktif dan efektif dengan warga sehingga diharapkan dengan adanya Polisi RW bisa meningkatkan kepercayaan terhadap Polri,” pesan Kapolres.

Perwira dengan dua melati di pundak ini mengatakan secara keselurahan jumlah RW di Kabupaten Magetan sebanyak 1.008 RW yang tersebar di 235 Desa/Kelurahan di 18 kecamatan. Polisi RW Polres Magetan baru terisi 40 persen atau sebanyak 403 dari total 1008 RW.

Tugasnya membantu Bhabinkamtibmas di Desa untuk menyelesaikan dan memecahkan berbagai permasalahan yang komplek di masyarakat.

“Polisi RW kedepannya diharapkan mampu membantu Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak pelayanan kepolisian terjun, hadir di tengah masyarakat,” ungkap AKBP M Ridwan.

Kapolres menekankan agar Polisi RW untuk segera memperkenalkan diri kepada Ketua RW dan tukar nomor Hp, membangun citra positif Polri di masyarakat, melakukan pemetaan kerawanan wilayah dan potensi gangguan masyarakat, mengakomodir permasalahan dan harapan masyarakat, melakukan pendataan perangkat di tingkat RW. Serta  mendata Toga, Tomas dan tokoh lainnya.

Selain iitu melaksanakan tugas dengan turun ke RW langsung, melaporkan dan menindaklanjuti permasalahan serta masukan yang didapat di lapangan secara berjenjang,  serta saat melaksanakan tugas dapat berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas, Polsek dan Polres dengan tidak membebani warga serta wajib menerima dan membantu permasalahan warga.‘’Ke 10,  laksanakan tugas denngan ikhlas dan penuh tanggung jawab,’’ tegas Kapolres (*)

Tombol Google News

Tags:

Polres Magetan Magetan Hari Ini Polisi RW AKBP Muhammad Ridwan