Refrensi 5 Air Terjun Kabupaten Malang untuk Isi Liburan

Jurnalis: Arief
Editor: Marno

29 Mei 2023 18:05 29 Mei 2023 18:05

Thumbnail Refrensi 5 Air Terjun Kabupaten Malang untuk Isi Liburan Watermark Ketik
Tumpak Sewu memiliki daya tarik banyaknya sumber air terjun. (Foto: Wonderfullmalang)

KETIK, JAKARTA – Letak geografis Kabupaten Malang yang dikelilingi gunung menyuguhkan ragam objek wisata alam. Salah satunya adalah air terjun yang tersebar di kaki Gunung Semeru dan Gunung Kawi.

Beberapa air terjun yang kerap dijadikan objek wisata telah bersolek. Tidak sedikit yang masih mempertahankan keasrian alamnya sebagai identitas. Berikut air terjun yang bisa dimasukkan ke dalam list liburan akhir pekan.

Coban Pelangi

Lokasi air terjun ini berada di ketinggian 1.299,5 meter dari permukaan laut. Persisnya berada di kaki Gunung Semeru, atau desa Gubuklakah, Kecamatan Poncokusumo. Ketinggian itu membuat suhu di sekitar air terjun berkisar 19-23 derajat celcius.

Disebut Coban Pelangi lantaran di sekitar air terjun kerap muncul pelangi. Padahal pelangi itu muncul akibat bias air terjun yang terpapar sinar matahari. Kabut tipis kerap bertahan di sekitar air terjun saat matahari belum terlalu tinggi.

Coban Rondo

Tidak salah lagi bila Coban Rondo merupakan salah satu icon Kabupaten Malang. Lokasinya berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon yang mudah diakses. Saat ini cukup banyak wahana permainan untuk menambah daya tarik wisatawan.

Area parkir yang hanya beberapa ratus meter memudahkan akses masuk kendaraan. Anda yang bisa menyaksikan air terjun di Coban Rondo dengan ketinggian 84 meter, sembari menikmati aneka makanan.

Lokasi wisata ini tergolong wanawisata yang modern lantaran dilengkapi dengan offroad jeep, berkuda, panahan, flying fox, ATV dan beberapa permainan lainnya.

Coban Sumber Pitu Pujon

Jangan sampai keliru. Kabupaten Malang memiliki air terjun yang namanya sama, tetapi beda lokasi. Yakni air terjun Sumber Pitu di Pujon  dan satu lagi di Tumpang. Untuk Sumber Pitu Pujon, lokasinya di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul.Foto Akses menuju air terjun Sumber Pitu Pujon masih asri dan alami. (Foto: IG @sumberpitupujon)Akses menuju air terjun Sumber Pitu Pujon masih asri dan alami. (Foto: IG @sumberpitupujon)

Sumber Pitu di Pujon lebih eksotis lantaran jarak tempuhnya cukup jauh. Dibutuhkan waktu 2-3 jam untuk menuju air terjun dari Dusun Tulungrejo. Disebut sumber pitu, lantaran terdapat tujuh air terjun dalam satu dinding, seolah-olah membentuk tirai air. Di lokasi juga terdapat coban Sumber Siji dan Sumber Papat.

Coban Glotak

Air terjun ini tidak kalah eksotis rutenya. Wisatawan dituntut melewati rute yang masih asri setelah melewati perkampungan terakhir. Yakni jalan setapak yang cukup curam dan berbatu menuju titik air terjun yang mencapai 100 meter.

Lokasinya berada di Barat Daya Kota Malang. Tepatnya di Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir atau di lereng Gunung Kawi sisi timur. Warga sekitar menyebut ada sembilan air terjun yang ada di atas Coban Glotak. Namun sejauh ini belum terbukti lantaran aksesnya masih sulit dilalui, karena trek yang curam dan masih asri.

Coban Sewu

Pemerintah Kabupaten Malang dan Lumajang pernah memperebutkan lokasi air terjun Air Terjun Tumpak Sewu. Sebab lokasinya berada di perbatasan, yakni Kecamatan Ampelgading (Kabupaten Malang) atau Prunojiwo (Lumajang). Kedua kecamatan itu bisa dijadikan pintu masuk menuju Air Terjun Tumpak Sewu atau Rambut Sewu.

Tinggi air terjun mencapai 120 meter dan bisa dijadikan objek foto untuk diunggah ke media sosial. Daya tarik lainnya karena lokasi air terjun ini di lereng Gunung Semeru dengan latar belakang Gunung Bromo.

Anda juga bisa mendapat refrensi lainnya seputar air terjun yang bisa dikunjungi saat memasuki musim liburan nanti. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kabupaten Malang Sumber Pitu Pujon Coban Rondo Coban Glotak Coban Tumpak Sewu air terjun