Ribuan Warga Blitar Gelar Aksi di Depan KPU dan Bawaslu Tuntut Netralitas Pilkada 2024

Jurnalis: Favan Abu Ridho
Editor: Gumilang

24 Oktober 2024 16:35 24 Okt 2024 16:35

Thumbnail Ribuan Warga Blitar Gelar Aksi di Depan KPU dan Bawaslu Tuntut Netralitas Pilkada 2024 Watermark Ketik
Jaka Prasetya bersama ribuan masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Koalisi Peduli Pemilu (GASAK KPU) di depan kantor KPU Kabupaten Blitar, Kamis 24 Oktober 2024. (Foto: Favan/ketik.co.id)

KETIK, BLITAR – Ribuan masyarakat menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar, Kamis 24 Oktober 2024.

Aksi ini dilakukan untuk menyuarakan dugaan ketidaknetralan penyelenggara Pilkada 2024 di Kabupaten Blitar. Ribuan masyarakat yang menggelar aksi di dua tempat tersebut tergabung dalam Gerakan Masyarakat Koalisi Peduli Pemilu (GASAK KPU) 

Dalam orasinya, perwakilan massa, Jaka Prasetya, menegaskan bahwa aksi ini didorong oleh keprihatinan masyarakat terkait dugaan keberpihakan KPU dan Bawaslu terhadap salah satu pasangan calon (paslon) dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Blitar 2024.

“Tentang netralitas di dalam penyelenggaraan Pilkada 2024, karena kami sebagai masyarakat Kabupaten Blitar yang mendengar adanya dugaan keberpihakan KPU maupun Bawaslu di Pilbup ini,” ujar Jaka dalam orasinya.

Jaka menambahkan bahwa dugaan pelanggaran ini menjadi perhatian penting bagi masyarakat, meski mereka tidak memiliki kewenangan untuk menyelidiki secara langsung.

“Jadi ini terkait masalah dugaan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara Pilkada 2024, dalam hal ini KPU maupun Bawaslu, yang merupakan ranah dari divisi hukum masing-masing paslon,” jelasnya.

Dia menegaskan, tujuan utama aksi tersebut adalah mengingatkan KPU dan Bawaslu agar menjaga netralitas dalam proses penyelenggaraan Pilkada. Jaka menekankan pentingnya penyelenggaraan pemilu yang bersih dan adil agar kepercayaan masyarakat tetap terjaga.

“Kami tidak memiliki kewenangan maupun hak untuk menyikapi atas dugaan pelanggaran, kami hanya mendengar informasi dari masyarakat terkait adanya tidak netralnya KPU maupun Bawaslu di dalam tahapan-tahapan Pilkada 2024,” tegasnya.

Sebagai penutup, Jaka berharap KPU dan Bawaslu tetap berpegang pada prinsip netralitas dan menjalankan tugas sesuai aturan yang berlaku.

“Saya berharap KPU tetap netral dan memegang prinsip aturan di dalam melaksanakan Pilkada 2024 ini, agar jalannya Pilkada 2024 berjalan aman, tertib dan dengan hasil yang sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Aksi tersebut berlangsung damai, dengan harapan bahwa tuntutan mereka akan didengar oleh pihak terkait, sehingga penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Blitar bisa berjalan dengan baik dan tanpa kecurangan. (*)

Tombol Google News

Tags:

KPU Jaka Prasetya masyarakat ribuan Netralitas Pilkada 2024 Blitar Kabupaten Blitar