Sambut Era Digitalisasi, Pemkab Jember Hadirkan Internet Publik Gratis

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

20 April 2023 16:41 20 Apr 2023 16:41

Thumbnail Sambut Era Digitalisasi, Pemkab Jember Hadirkan Internet Publik Gratis Watermark Ketik
Bupati Jember Hendy Siswanto tengah meninjau pengaksesan layanan internet gratis, Kamis (20/4/2023) (Foto: Diskominfo Jember)

KETIK, JEMBER – Di tengah gempuran era digital, akses internet menjadi salah satu kebutuhan masyarakat pada umumnya, terutama bagi generasi muda.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) telah meluncurkan layanan internet publik secara gratis pada Kamis (20/4/2023) di Alun-alun Jember.

Dihadiri langsung oleh Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Jember Bobby Arie Sandy.

Foto Bupati Jember Hendy Siswanto menempelkan stiker barcode layanan internet gratis di area Alun-alun Jember, Kamis (20/4/2023) (Foto: Diskominfo Jember)Bupati Jember Hendy Siswanto menempelkan stiker barcode layanan internet gratis di area Alun-alun Jember, Kamis (20/4/2023) (Foto: Diskominfo Jember)

Peluncuran layanan internet gratis ini secara simbolis diresmikan dengan menempelkan barcode login internet publik.

Harapannya masyarakat Jember dari berbagai kalangan, mahasiswa hingga pelaku UMKM dapat menggunakan fasilitas internet gratis dengan bijak.

Kadiskominfo menjelaskan bahwa terdapat 6 akses poin internet publik dengan kapasitas maksimal 500 pengguna yang tersebar di area Alun-alun Jember sampai Masjid Jami’.

“Total ada 3000 user yang bisa menikmati internet publik dengan kecepatan internetnya 50 mbps. Kedepan, kami akan lakukan pengembangan sehingga bisa mencapai kecepatan 100 mbps,” terang Bobby.

Bupati Hendy menjelaskan bahwa layanan internet publik ini akan disediakan di seluruh ruang publik, dengan tujuan utama digitalisasi Kabupaten Jember dan sebagai wujud Kabupaten Jember menuju Smart City.

Diharapkan internet publik ini dapat membantu mahasiswa dalam belajar, UMKM dalam memasarkan produk secara online, dan sebagai destinasi wisata dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang datang.

"Internet publik Ini untuk masyarakat Jember dan pendatang. Mudah-mudahan ini sukses dan kami akan kembangkan terus untuk di seluruh tempat publik,” tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Smart City Jember internet gratis Alun-alun Jember Bupati Jember Hendy Siswanto Diskominfo