Sering Dilupakan! Inilah Pentingnya Kotak P3K di Mobil

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

2 Mei 2024 09:15 2 Mei 2024 09:15

Thumbnail Sering Dilupakan! Inilah Pentingnya Kotak P3K di Mobil Watermark Ketik
Ilustrasi kotak P3K di Mobil. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Kebanyakan pengendara khususnya roda empat mungkin melupakan beberapa hal kecil yang ada di dalam mobil, salah satunya adalah kotak P3K.

Bahkan tak sedikit pengendara yang berpikiran tidak penting membawa kotak P3K di dalam mobil karena kondisi mobil yang tertutup sehingga dinilai lebih aman dari pada motor. 

Hal ini tentu saja tidak benar. Walaupun bepergian dengan mobil dinilai lebih aman daripada motor, akan tetapi resiko kecelakaan tetap saja ada. Dan keberadaan kotak P3K yang kecil bisa sangat berguna untuk pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan.

Dilansir dari Hyundai Indonesia, kotak P3K ini bukan sekadar pelengkap, melainkan salah satu perlengkapan keamanan yang penting untuk selalu berada di dalam mobil. Kotak P3K tersebut dapat diisi berbagai macam obat obatan ringan atau perlengkapan medis sederhana seperti antiseptik, kasa, hingga perban, siap sedia membantu Anda memberikan pertolongan pertama.

Namun, perlu diingat bahwa kotak P3K juga memiliki masa kadaluarsa. Cairan antiseptik dan steril, misalnya, bisa kehilangan efektivitasnya seiring waktu. Begitu pula dengan kain kasa dan perban yang perlu dijaga kebersihannya.

Bila masa berlaku sudah lewat, maka kinerja atau efek dari perlengkapan tersebut tentu saja sudah menurun dan sebaiknya tidak digunakan lagi. Oleh sebab itu penting bagi pemilik kendaraan untuk memeriksa secara berkala obat-obatan atau perlengkapan apa saja yang sudah kadaluarsa dan harus diganti.

Ingat, kotak P3K kecil ini bisa menjadi pembeda antara hidup dan mati. Jangan anggap remeh kotak P3K di mobil Anda. Periksalah secara berkala, dan bersiaplah untuk menjadi penolong pertama saat dibutuhkan.(*)

Tags:

kesehatan otomotif Hyundai Indonesia Keselamatan Pertolongan pertama Kotak P3K