Siti Najwa Nurmillah, Finalis Duta Kesehatan Jabar 2023 Gaungkan Advokasi "Prosehati"

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Marno

12 November 2023 17:59 12 Nov 2023 17:59

Thumbnail Siti Najwa Nurmillah, Finalis Duta Kesehatan Jabar 2023 Gaungkan Advokasi "Prosehati" Watermark Ketik
Siti Najwa Nurmillah, Finalis Duta Kesehatan Jabar 2023 (Foto: dokumen pribadi)

KETIK, BEKASI – Siti Najwa Nurmillah, akrab dengan panggilan Najwa.
Saat ini ia menjalani keseharian sebagai seorang mahasiswi di Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Universitas Singaperbangsa (Unsika), Karawang, Jawa Barat. 

"Sebagai finalis Duta Kesehatan Jabar 2023, saya menggaungkan advokasi dengan nama program edukasi dan inspirasi atau disingkat Prosehati," kata Najwa kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat Whatsapp, pada Ahad (12/11/2023).

Putri dari pasangan H. Zaenal Abidin dan Harlianingsih mengatakan,  Prosehati merupakan program advokasi dengan tiga kegiatan yang mengusung konsep kolaborasi, sama halnya dengan palang merah remaja dan media penyiaran.

"Program edukasi dan inspirasi ini ditujukan kepada remaja untuk meningkatkan pemahaman mengenai stunting pada usia sekolah," ungkap Najwa menuturkan dengan detail.

Menurutnya, platform ini adalah ruang aman dengan pemanfaatan media sosial telegram sebagai sarana konsultasi mengenai permasalahan untuk membantu para remaja menemukan solusi atas permasalahannya.

Selain itu, menurunkan serta meminimalisir dampak gangguan kesehatan mental yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. 

"Serta kegiatan edukasi dan inspirasi yang bekerjasama dengan media penyiaran untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan. Serta pembahasan isu kesehatan dan tips dan trik seputar kesehatan yang ditujukan kepada masyarakat luas," bebernya.

Pemilik akun media sosial Instagram @najwa.nurmillah mengutarakan harapannya, bahwa melalui Prosehati ini dapat turut serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan.

"Ini tentu menjadi bagian dari upaya preventif new zero stunting dan generasi yang sehat secara mental, fisik jasmani dan rohani," terang gadis cantik kelahiran Bekasi.

Dirinya menyebut, tujuan dan harapannya dapat terlibat aktif berkontribusi untuk peningkatan derajat kesehatan. Serta menjadi bagian dari tercapainnya salah satu pilar SGD's yaitu good health and well being untuk Jabar juara lahir batin dan Indonesia Emas 2045.

"Dengan demikian, saya mengajak kepada generasi milenial untuk bersama-sama bersinergi. Terutama dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan. Serta pencegahan stunting melalui penerapan pola hidup bersih dan sehat serta mengonsumsi makanan dengan nutrisi gizi seimbang," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, Najwa prestasi dan pengalaman yang membangggakan di bidang akademik dan non akademik, di antaranya yaitu:
1. Duta Generasi Berencana  (GenRe) Kabupaten Karawang 2022 dengan fokus terhadap intervensi pada tiga ancaman dasar kesehatan reproduksi remaja (Triad-KRR) serta pengembangan skill.
2. Best 1 Project Business yang diselenggarakan oleh IPB University 2022.
3. Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM-DN) 2021 ke Universitas Fajar Makassar. Berkesempatan menjalani kuliah satu semester di sana dengan mempelajari budaya, adat istiadat, geografi, dan etnografi Sulawesi Selatan.
4. Best 1 article Manajemen Operasional 2021.
5. Scholarship Fully Funded oleh Kemendikbud 2020. (*)

Tombol Google News

Tags:

Cantik Siti Najwa Nurmillah Prosehati Finalis Duta Kesehatan Jabar 2023