Surabaya Hadapi Cuaca Panas dan Angin Kencang, Waspada Risiko Kebakaran

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

9 Agustus 2024 08:15 9 Agt 2024 08:15

Thumbnail Surabaya Hadapi Cuaca Panas dan Angin Kencang, Waspada Risiko Kebakaran Watermark Ketik
Cuaca Kota Surabaya yang sedang terik dan panas. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Memasuki puncak musim kemarau di bulan Agustus, Cuaca Kota Surabaya terasa semakin panas. Tidak hanya itu, angin kencang juga cukup sering bertiup dibandingkan sebelumnya yang disebabkan oleh angin timuran.

Kooordinator Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Ady Hermanto menjelaskan, fenomena cuaca panas tersebut masih dalam tahap normal, suhu Kota Surabaya saat ini berkisar 34-35 derajat celsius. 

Akan tetapi, ia menghimbau untuk tetap waspada, lantaran potensi terjadinya cuaca ekstrem masih tetap ada di tengah puncak musim kemarau hingga bulan September mendatang.

"Kejadian ekstrem masih kita pantau terus dalam 2-3 hari ke depan. Namun secara klimatologis suhu udara tidak begitu naik secara tajam. Tapi mohon diwaspadai," jelas Ady, Jumat (9/8/2024).

Terkait potensi La Nina untuk Kota Surabaya cukup rendah. Walaupun beberapa wilayah di Jawa Timur berpotensi mengalami hujan di tengah musim kemarau.

Kondisi angin saat musim kemarau di Surabaya akan mengalami peningkatan dari biasanya karena pengaruh tekanan tinggi dari Samudera Hindia.

"Potensi hujan memang ada di beberapa wilayah tapi tidak di Surabaya bahkan bisa dikatakan sangat rendah curah hujan saat musim puncak kemarau ini," tambahnya.

"Untuk kecepatan angin sendiri mencapai 15 knot, memang diatas dari normal yang biasanya 10-12 knot," imbuhnya.

Karena kondisi angin yang lebih kencang dari biasanya Ady menyarankan kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan. Penting untuk diwaspadahi resiko terjadinya bencana kebakaran karena hembusan angin yang kencang.

"Masyarakat diimbau tidak membuang putung rokok dan membakar sampah sembarang. Ditakutkan api akan membesar karena hembusan angin kencang," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Surabaya cuaca panas Angin kencang Risiko Kebakaran Musim Kemarau BMKG La Nina Hujan