Tiba di Papua, Jokowi akan Resmikan Bandara di Asmat

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

6 Juli 2023 03:32 6 Jul 2023 03:32

Thumbnail Tiba di Papua, Jokowi akan Resmikan Bandara di Asmat Watermark Ketik
Jokowi tiba di Bandara Sentani Jayapura, Rabu malam (5/7/2023). (Foto: BPMI Setpres)

KETIK, ASMAT – Selepas kunjungan dari Australia dan Papua Nugini, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) langsung bertolak ke Papua.

Rabu malam (5/7/2023) Jokowi telah mendarat di Bandara Sentani Jayapura. Kamis pagi ini (6/7/2023) Jokowi diagendakan meresmikan Bandar Udara Ewer, Kabupaten Asmat, Papua Selatan lantas mengunjungi ladang jagung di kawasan lumbung pangan (food estate), Wambes, Mannem, Keerom, Papua.

Jokowi bertolak ke Kabupaten Asmat dengan Pesawat ATR 72-600 dari Bandar Udara Internasional Sentani, Kabupaten Jayapura. Usai peresmian Bandara Ewer, Presiden Jokowi akan lepas landas kembali menuju Kabupaten Jayapura.

Setelah itu, Jokowi akan menuju Kabupaten Keerom. Di Keerom, Presiden diagendakan melakukan peninjauan ladang jagung di kawasan food estate, Wambes, Mannem.

Bandara Ewer pertama kali dibangun Pemerintah Daerah Kabupaten Asmat lantas dikembangkan pemerintah pusat. Bandara ini memiliki panjang runway 1.650 meter x 30 meter dan dapat dilalui pesawat ATR 72-600. 

Itu adalah pesawat untuk penumpang maupun kargo. Bandara ini juga memiliki apron seluas 70 meter x 90 meter serta taxiway 86 meter x 15 meter.

Bandara ini juga memiliki terminal bandara seluas 488 meter persegi. Saat ini, Bandara Ewer melayani tiga rute penerbangan pulang-pergi (PP), yaitu Kamur-Ewer, Timika-Ewer, dan Merauke-Ewer.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jokowi Papua Bandara sentani