Tiga Bus dari Terminal Arjosari Kota Malang Tujuan Bali Dipastikan Tidak Laik Jalan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

4 April 2024 12:30 4 Apr 2024 12:30

Thumbnail Tiga Bus dari Terminal Arjosari Kota Malang Tujuan Bali Dipastikan Tidak Laik Jalan Watermark Ketik
Bus yang ada di Terminal Arjosari, Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Sebanyak tiga bus untuk keberangkatan ke Bali di Terminal Arjosari dipastikan tidak laik jalan. Kondisi tersebut didapati usai pelaksanaan ramp check oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang.

Kepala Terminal Arjosari Malang, Maria Margareta menjelaskan bus yang tidak laik jalan tersebut telah diberikan penanda berupa stiker khusus. Hingga kini ada sekitar 260unit bus yang beroperasi di Terminal Arjosari yang telah melakukan ramp check.

"Bus yang sudah ramp check ada 260 unit, itu termasuk Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP). Lalu yang tidak layak ada tiga unit sudah kami tempel stiker khusus. Itu tidak layak secara fisik karena kacanya pecah, untuk arah ke Bali. Di sana kan rawan sekali," ujar Maria, Kamis (4/4/2024).

Ketidaklayakan bis tersebut diduga disebabkan oleh ulah oknum yang tidak bertanggungjawab. Akibatnya kaca bus pecah, sehingga pihaknya telah meminta surat resmi dari kepolisian.

"Untuk yang tidak layak jalan itu ada surat resmi dari kepolisian, kalau memang kejadiannya kaca rusak itu akibat pelemparan dari oknum yang tidak bertanggungjawab. Karena tiga unit itu tujuannya ke arah Bali semua," tegasnya.

Maria menyebutkan bahwa pengecekan yang dilakukan meliputi keseluruhan bagian bus. Seperti roda, kaca, hingga administrasi menjadi kriteria penilaian laik atau tidaknya bus untuk beroperasi.

"Kategorinya layak dan tidak layak, yang dicek itu meliputi semuanya, seperti ban, kaca, dan sebagainya. Kalau secara administrasi, apakah surat-suratnya itu hidup atau mati," lanjutnya.

Ramp check sendiri telah dilakukan oleh Dishub Kota Malang mulai awal Maret sampai 31 Maret 2024 di masing-masing PO bus. Selain itu, Dishub Kota Malang juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para sopir bus sehingga keamanan para pemudik dapat terjamin. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bus Laik Jalan Bus Tidak Laik Jalan Kota Malang Terminal Arjosari Arus Mudik