Timnas Juara SEA Games 2023, Ribuan Suporter Pesta Kemenangan di Bundaran HI

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Marno

16 Mei 2023 19:30 16 Mei 2023 19:30

Thumbnail Timnas Juara SEA Games 2023, Ribuan Suporter Pesta  Kemenangan  di Bundaran HI Watermark Ketik
Ribuan suporter merayakan kemenangan Timnas U-22 yang meraih medali emas SEA Games 2023, di Bundaran HI, Jakarta, Selasa (16/5/2023) malam. (Foto: Tangkapan layar video)

KETIK, SURABAYA – Setelah menunggu 32 tahun, akhirnya Timnas U-22 juara SEA Games 2023 meraih medali emas mengalahkan Thailand 5-2 pada laga final SEA Games 2023 di Stadion Olympic, Phnom Penh.

Kemenangan Tim Merah Putih ini dirayakan ribuan suporter di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (16/5/2023) malam 

Para suporter itu datang dari penjuru DKI Jakarta. Mereka ini di antaranya berasal dari kelompok suporter terbesar di Indonesia, yakni La Grande Indonesia dan Ultras Garuda.

Mereka kompak menyanyikan lagu sambil mengibarkan bendera merah putih. Selain lagu lirik-lirik juara, mereka mengumandangkan lagu Indonesia Pusaka yang menggema di kawasan HI. 

Foto Suporter mengibarkan bendera merah putih di kawasan Bundaran HI, Jakarta. (Foto: Tangkapan layar video)Suporter mengibarkan bendera merah putih di kawasan Bundaran HI, Jakarta. (Foto: Tangkapan layar video)

Mereka menyala flare dan suara petasan yang bersahut-sahutan semakin membuat suasana meriah.

Heru Irawan, salah satu suporter Persija ikut bersuka cita merayakan langsung kemenangan timnas di bundaran HI bersama ribuan suporter lainnya. "Ya saya bangga dan senang timnas," ujar Heru irawan mahasiswa swasta di Jakarta itu.

Indonesia berhasil mengalahkan Thailand 5-2 setelah memainkan babak tambahan 2x15 menit seusai pertandingan waktu normal berakhir dengan kedudukan imbang 2-2.

Pada laga tersebut, Timnas Indonesia U-22 mencetak gol melalui Ramadhan Sananta (21', 45+6'), Irfan Jauhari (92'), Fajar Fathur Rahman (107'), dan Beckham Putra (120+1'). Adapun gol Thailand dicetak Anan Yodsangwal (65') dan Yotsakorn Burapha (90+10').

Thailand harus mengakui keunggulan Indonesia, setelah bertanding hanya dengan 8 pemain melawan Indonesia 10 pemain. Lantaran, 3 pemain Thailand dan 1 pemain Indonesia diganjar kartu merah.

Pemain Indonesia yang menerima kartu merah Komang Teguh Trisnanda. Dia mendapatkan kartu kuning lagi yang berubah kartu merah karena terlibat keributan.

Sedangkan pemain Thailand yang mendapatkan dua kartu kuning yang menjadi kartu merah adalah Jonathan Khemdee dan Teerasak Poeiphimai.

Pemain Thailand yang diganjar kartu merah langsung kiper Soponwit Rakyart. Selain itu dua offisial Thailand juga terkena kartu merah karena terlibat keributan saat pertandingan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Timnas U-22 sepakbola Thailand SEA Games Timnas Indonesia Jakarta Persija Timnas