Tinggal Menghitung Hari, Ini Jadwal Malam Nisfu Syakban dan Amalannya!

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Mustopa

20 Februari 2024 11:39 20 Feb 2024 11:39

Thumbnail Tinggal Menghitung Hari, Ini Jadwal Malam Nisfu Syakban dan Amalannya! Watermark Ketik
Pria sedang berdoa (Foto: pixabay.com)

KETIK, JAKARTA – Memasuki pertengahan Bulan Syakban, tentu semakin dekat dengan malam Nisfu Syakban. Maloi,pam pertengahan Syakban ini menjadi malam yang dinanti-nanti umat Islam sehingga banyak orang berlomba-lomba memperbanyak ibadah.

Mengapa begitu? Karena malam ini malam penuh ampunan. Allah swt membukakan pintu rahmat dan ampunan sebesar-besarnya bagi siapa saja yang ingin bertaubat.

Selain itu, di malam ini Allah akan mengabulkan segala doa dari hamba-Nya yang meminta. Lantas, kapan malam istimewa ini datang?

Kapan Malam Nisfu Syakban Ini?

Menurut kalender Masehi, awal bulan Syaban jatuh pada tanggal 11 Februari 2024, maka pertengahan Syaban atau 15 Syaban 1445 Hijriyah atau tanggal 25 Februari 2024.

Pada malam-malam inilah umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak doa dan amalan. Berikut beberapa amalan yang bisa kalian lakukan pada malam istimewa ini.

Amalan Nisfu Syakban 

Melansir NU Online, ada beberapa amalan khusus yang bisa dilakukan. Apa saja amalan tersebut?

1. Memperbanyak Doa kepada Allah

Malam Nisfu Syakban begitu istimewa karena Allah akan mengabulkan seluruh doa manusia. Seperti yang tercantum dalam hadis:

“Apabila tiba malam Nisfu Syakban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: Adakah orang yang memohon ampun maka Aku ampuni, dan orang yang meminta sesuatu kuberikan permintaannya,” (HR al-Baihaqi).

Umat Islam bisa meminta apapun kepada Allah baik segala hajat dan keinginan. Asalkan dengan cara berdoa yang baik dan benar sesuai syariat, seperti:

  • Mengangkat kedua tangan
  • Menghadap kiblat
  • Mengawali doa dengan pujian pada Allah dan selawat Nabi
  • Mengusapkan telapak tangan ke wajah
  • Tutup doa dengan selawat Nabi.

2. Memperbanyak Istighfar

Karena malam Nisfu Syakban penuh ampunan, maka perbanyaklah istighfar. Istighfar adalah kalimat permohonan ampun yang berbunyi “Astaghfirullah hal adzim,” artinya aku memohon ampun pada Allah yang Maha Agung.

Mengucap istighfar tidak hanya waktu setelah salat saja. Namun bisa membacanya di setiap waktu, kapanpun, dan dimanapun.

Kalimat ini bisa membuat hati tenang dan segala urusan mendapat kemudahan. Oleh karena itu mohon ampunlah pada Allah dengan bacaan Istighfar.

3. Membaca Surah Yasin Tiga Kali

Membaca Yasin tiga kali pada malam Nisfu Syaban sudah jadi tradisi masyarakat. Membaca surah ini dengan niat:

  • Yasin pertama, memohon keberkahan dan panjang umur, serta kekuatan Iman Islam
  • Yasin kedua, meminta dijauhkan dari segala fitnah dan marabahaya lahir batin
  • Yasin ketiga, memohon kaya hati agar tidak mudah meminta-minta pada selain Allah

Amalan ini bisa dibaca setelah salat Maghrib sebelum masuk waktu Isya. Bisa sendirian atau bersama-sama.

4. Perbanyak Baca Selawat

Setelah itu, perbanyak juga baca selawat. Pasalnya, Syakban juga sebagai bulan diturunkannya ayat tentang selawat Nabi yakni QS. Al-Ahzab ayat 56, sehingga disebut bulan selawat Nabi.

5. Puasa Sunnah

Jangan lewatkan puasa sunnah ketika masuk pertengahan Syaban. Puasa ini bisa dilakukan siang harinya, yakni tanggal 25 Februari 2024 dari sebelum subuh sampai masuk waktu maghrib. Bagaimana niatnya?

نَوَيْتُ صَوْمَ شَعْبَانَ لِلّٰهِ تَعَالَ

Nawaitu shauma sya’baana lillahi ta’ala

“Saya berniat puasa Syaban karena Allah Ta’ala”

Itulah informasi tentang jadwal malam Nisfu Syakban serta amalan yang dianjurkan. Sejatinya, Syakban adalah salah satu bulan istimewa sehingga tidak boleh dilewatkan untuk memperbanyak ibadah. Siap menyambut malam istimewa ini?.(*)

Tags:

malam nisfu syaban nisfu syaban jadwal nisfu syaban amalan nisfu syaban