Toyota Kuasai Pasar Otomotif Global, Penjualannya Mengesankan!

Jurnalis: Arief
Editor: Marno

8 Juni 2023 18:15 8 Jun 2023 18:15

Thumbnail Toyota Kuasai Pasar Otomotif Global, Penjualannya Mengesankan! Watermark Ketik
Logo Toyota. (Foto: Toyota Astra Motor)

KETIK, JAKARTA – Konsistensi industri otomotif asal Jepang menjaga pasar global masih bertahan. Toyota menjadi salah satu pemimpin pasar otomotif yang mampu mencatat penjualan unit terbanyak sepanjang tahun 2022.

Sebetulnya ada dua pabrikan asal Asia lainnya, Hyundai dan Honda yang masuk 10 besar penjualan terbanyak tahun 2022. Keduanya sanggup melawan agresivitas pabrikan asal Eropa maupun Amerika Serikat (AS).

Berikut lima besar perusahaan otomotif dengan penjualan unti terbanyak tahun 2022, sebagaiumana dikutip dari Engineerine:

Toyota

Toyota menjual 9,56 juta unit di seluruh dunia untuk menjadi produsen mobil nomor wahid tahun 2022. Corolla merupakan mobil terlaris di dunia tahun 2022, dengan penjualan tahunan mencapai 1,12 juta unit.

Jenis ini menjadikan mobil terlaris sepanjang masa di dunia pada tahun 1997 silam. Penjualan Corolla tercatat sanggup melewati unit yang dilepas Volkswagen Beetle.

Volkswagen

Pabrikan asal Jerman, Volkswagen (VW) menyundul di urutan kedua dengan penjualan 8,26 juta. Sejauh ini VW Beetle menjadi varian paling laris di dunia hingga tahun 1990-an.

Cukup banyak lini bisnis yang dimiliki industri otomotif yang berkantor pusat di Wolfsburg ini. Adapun merek premium yang dimiliki VW meliputi Bugatti-Rimac, Porsche, Audi, Bentley, Lamborghini, dan Ducati (sepeda motor).

Hyundai Motor Group

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1967 dengan produk pertamanya Cortina, yang berkolaborasi dengan Ford Motor Company. Satu per satu Hyundai Motor Group (HMG) melahirkan lini bisnis andalan hingga mobil listrik, Ioniq.

Foto Revolusi mobil listrik pertama yang dimiliki Hyundai. (Foto: Astra Group).Revolusi mobil listrik pertama yang dimiliki Hyundai. (Foto: Astra Group).

Menurut catatan Engineerine, HMG menjual 6,85 juta unit di seluruh dunia tahun 2022. Sejauh ini HMG memiliki tiga merek mobil utama, Hyundai Motors, Kia Corporation, Genesis Motors, dan sub-merek EV Ioniq.

Hyundai membuat langkah signifikan dalam bisnis otomotif dengan berekspansi ke AS, Kanada, dan pasar Asia Selatan. Unit yang paling sukses sejauh ini adalah SUV Santa Fe dan Sonata.

General Motor

Chevrolet pernah menjadi salah satu mobil paling banyak dipilih di Indonesia di era 1980-an. Namun line up yang dikeluarkan General Motor ini tergusur mobil-mobil asal Jepang, untuk jenis angkutan barang.

Bicara General Motors, perusahaan asal AS ini sanggup menjual 5,9 juta unit di seluruh dunia tahun 2022. Perusahaan yang berdiri tahun 1908, ini dapat dianggap sebagai pelopor dalam inovasi otomotif.

Meskipun beberapa kali merger, akuisisi, dan restrukturisasi, GM masih mendominasi penjualan mobil di AS tahun lalu, dengan catatan 2,8 juta kendaraan.

Stellantis Group

Mungkin sedikit asing dengan Stellantis. Memang perusahaan ini tergolong baru. Ia baru lahir tahun 2021, setelah melakukan merger antara Fiat Chrysler Automobiles dan Peugeot Société Anonyme (PSA) Group.

Pabrikan asal Belanda ini memiliki line up yang meliputi Abarth, Alfa Romeo, Chrysler, Dodge, Ram, Peugeot, Citroën, DS Automobiles, Fiat, Jeep, Lancia, Maserati, Opel, dan Vauxhall. Sepanjang tahun 2022 lalu, Stellantis Group menjual kendaraan 5,8 juta unit.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif Toyota Hyundai volkswagen Chevrolet penjualan mobil