Unik! Domba Fashion Show jadi Ajang Pemberdayaan Peternak Desa di Jember

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

16 September 2023 07:46 16 Sep 2023 07:46

Thumbnail Unik! Domba Fashion Show jadi Ajang Pemberdayaan Peternak Desa di Jember Watermark Ketik
Peternak Desa Suco ikuti Domba Fashion Show di Desa Suco, Kecamatan Mumbulsari, Jember (15/9/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Fashion Show biasanya identik dengan model cantik yang berlenggak-lenggok di atas catwalk. Namun, apa jadinya jika hewan berkaki empat menjadi bintang utama pada gelaran karnaval.

Ada karnaval unik di Desa Suco, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember, yaitu Domba Fashion Show yang digelar pada Jumat (15/9/2023). Puluhan domba dan kambing dihias dengan ornamen-ornamen ala karnaval menghibur masyarakat.

Gelaran ini memperingati hari jadi Desa Suco ke-110 atau biasa disebut selamatan desa. Domba Fashion Show merupakan rangkaian dari kirab budaya yang diikuti oleh ratusan peserta.

Kepala Desa Suco, Kecamatan Mumbulsari, Taufik Hidayat mengatakan peringatan selamatan desa ini sekaligus mengenalkan produk peternakan. 

“Ini untuk memotivasi kepada para peternak agar semangat merawat domba-dombanya,” papar Taufik.

Sebelumnya, Desa Suco memiliki kelompok ternak terpadu sebagai program ketahanan pangan. “Program ketahanan pangan dari Kementerian Desa dalam bentuk dana desa yang kita belikan domba untuk dibudidayakan,” ungkap Kades Suco.

Program ternak terpadu itu ternyata membuahkan hasil dua kali lipat populasi domba. Awalnya terdapat 30 kelompok peternak merawat sekitar 250 ekoregion domba. Dalam waktu satu setengah tahun kini jumlahnya bertambah menjadi 400 ekor.

Menurutnya program ternak terpadu dapat membangkitkan perekonomian warga Desa Suco terlebih pasca pandemi Covid-19. 

“Dengan breeding atau beternak, masyarakat dapat meningkatkan ekonomi serta perputaran uang di Desa Suco,” tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Desa Suco Domba Fashion Show Program Ternak Terpadu Peternak domba Jember Kementerian Desa