Vihara Cakrawala Dharma Bagikan 300 Paket Sembako, Dapat Apresiasi Legislatif

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

15 April 2023 08:57 15 Apr 2023 08:57

Thumbnail Vihara Cakrawala Dharma Bagikan 300 Paket Sembako, Dapat Apresiasi Legislatif Watermark Ketik
Perwakilan dari Vihara Cakrawala Dharma memberikan bingkisan kepada masyarakat kurang mampu di Desa Petiken, Driyorejo Gresik, Sabtu (15/4/2023). (Foto : M Khaesar/ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebanyak 300 paket sembako dibagikan kepada masyarakat kurang mampu yang ada di Desa Petiken, Driyorejo, Gresik oleh Vihara Cakrawala Dharma Jawa Timur. Hal ini disambut baik oleh Anggota DPRD Kabupaten Gresik Muchamad Zaifudin yang melihat adanya toleransi beragama.

"Kita bisa melihat di mana teman'teman dari agama Budha memberikan perhatiannya kepada masyarakat kurang mampu dengan memberikan paket sembako," ucap Zaifudin, Sabtu (15/4/2023).

Bakti sosial ini sejalan dengan tema yang diangkat oleh Vihara Cakrawala Dharma Indahnya Keberagaman Toleransi dan Kerukunan. "Jadi kita bisa melihat toleransi yang terjadi pada saat bakti sosial ini," beber Zaifudin.

Salah satu pengurus Vihara, Gunawan Hariyanto mengatakan bakti sosial merupakan kegiatan rutin setiap tahun di momentum Ramadan. Menurutnya apa yang dilakukan ini kepedulian terhadap sesama sebagai bentuk toleransi dan kerukunan umat beragama.

"Total kurang lebih ada 300 paket sembako yang kita berikan. Kita sudah sering melakukan seperti ini, ada yang di panti jompo dan lain nya. Kita di bulan Ramadan ini ingin berbagi," ungkap Gunawan.

Gunawan menambahkan, dengan keberagaman yang adi di Indonesia tentunya bukan menjadi pembeda. Justru dengan kemajemukan yang ada kita di persatukan tanpa adanya unsur kepentingan maupun politik. "Jangan melihat jumlahnya, ini merupakan salah satu cara kita untuk berbagi dengan sesama," ujarnya.

Salah satu umat Budha Liong Pasca Riana yang ikut dalam pembagian sembako mengaku merasa senang dapat berbagi. Dengan kegiatan ini menurutnya tergambar jelas toleransi yang ada begitu tinggi. "Bentuk kepedulian dengan masyarakat sekitar berbagi dengan sesama. Ini merupakan keberagaman dalam toletansi," kata Liong.

Sementara itu adanya pembagian sembako bagi masyarakat di bulan Ramadan disambut baik Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Gresik. Haji Fauzi Nur Hadi Sekretaris FKUB Kabupaten Gresik mengatakan kegiatan baksos ini merupakan kepedulian antar sesama. Menurut Fauzi apa yang tergambar bentuk cinta kasih antar umat beragama saling damai. Sebab agama apapun semuanya membawa pesan kerukunan serta toleransi.

"Kami sangat berterimakasih. Harapan warga tidak hanya setahun sekali, tapi bisa dilaksanakan secara rutin. Sekali lagi  terimakasih mudah-mudahan baksos di tahun ini dan seterusnya bisa membawa dampak baik, antar umat beragama saling damai," pesannya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Baksos bakti sosial Toleransi Ramadan bulan puasa Vihara Cakrawala Dharma