Warga Tegal Besar Jember Digegerkan Penemuan Bahan Kimia Diduga Peledak

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

16 Juli 2024 11:07 16 Jul 2024 11:07

Thumbnail Warga Tegal Besar Jember Digegerkan Penemuan Bahan Kimia Diduga Peledak Watermark Ketik
Pintu rumah tempat kejadian perkara dibobol orang tidak dikenal untuk menyimpan bahan kimia berbahaya (16/7/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Penemuan bahan-bahan kimia berbahaya beserta sepatu boots dan drone di rumah tidak berpenghuni menggegerkan warga Jalan Imam Bonjol, TR 04 RW 13 Perumahan Villa Indah Tegal Besar, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Minggu (14/7/2024) sore

Bahan kimia berbahaya tersebut ditemukan pemilik rumah yang sudah 5 tahun tidak dihuni.

Berawal dari kecurigaan warga yang mendapati rumah yang sedang dalam tahap pembangunan itu dalam keadaan pintu terbuka. Sehingga, pemilik rumah tersebut datang mengecek ke dalam rumah.

“Iya Pak Budi (pemilik rumah) memang biasa bersih-bersih rumput depan rumah. Tapi waktu ada keanehan itu benar saja tembok rumah yang tidak ditempati sudah dibobol untuk masuk ke rumah induk,” kata Susilo, tetangga depan rumah kosong tersebut saat ditemui Selasa (16/7/2024).

Menurut keterangan Susilo, Budi menemukan bahan kimia tersebut dibungkus dalam kardus dan remote drone dalam tas kecil di area dapur rumah induk.

"Setelah saya lihat dan pastikan, memang benar itu barang kimia berbahaya yang ditumpuk jadi satu di kardus. Memang sudah ada tulisan barang kimia berbahaya,” sambungnya.

Kemudian, dirinya bersama Budi dan tukang yang yang mengerjakan rumah tersebut segera melapor dan menyerahkan sejumlah barang bukti kepada ketua RT setempat.

“Setelah itu ketua RT langsung melaporkan temuan barang kimia berbahaya tersebut ke Polsek Kaliwates,” imbuh Susilo.

Selain bahan kimia dan drone, juga ditemukan selongsong atau tempat senjata dan sepatu PDL (pakaian dinas lapang).

Sementara itu, Lurah Tegal Besar, Thomas Heru Indra membenarkan adanya penemuan bahan kimia yang diduga bahan peledak itu di wilayahnya.

“Ada laporan warga yang menemukan barang-barang yang mencurigakan. Akhirnya kami koordinasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” kata Heru, sapaan karibnya.

Bahan peledak yang didapati diantaranya, kalium, kliseron, pupuk kristal, satu botol Fixal, alkohol, garam jawa (Gajah), satu kotak isi staples, soda kue, hidrogen. 

Lalu ada sarung sangkur kampak, sarung sangkur kampak bertuliskan Divisi 9 dan B3 unit, juga drone beserta remote, serta sepatu PDL ukuran 40.

“Tapi lebih lanjut, masih dalam proses penyelidikan polisi. Info terakhir ada anggota dari Polda Jawa Timur yang saat ini berada di lokasi untuk penyelidikan,” tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jember penemuan diduga bahan peledak Rumah Kosong Tegal Besar