Wujudkan Zero Stunting, FKKS Kecamatan Banyuates Gelar Rembuk Stunting

Jurnalis: Mat Jusi
Editor: Muhammad Faizin

30 September 2024 17:55 30 Sep 2024 17:55

Thumbnail Wujudkan Zero Stunting, FKKS Kecamatan Banyuates Gelar Rembuk Stunting Watermark Ketik
Foto bersama FKKS Kecamatan Banyuates setelah gelar rembuk stunting (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id).

KETIK, SAMPANG – Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) Kecamatan Banyuates menggelar kegiatan rembuk stunting di Balai Desa Banyutes, Kecamatan Banyutes, Kabupaten Sampang, Madura, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan yang melibatkan 20 Pokja Desa Sehat tersebut bertema 'Pentingkah PMT dalam Menurunkan Angka Stunting Bagi Bayi dan Balita'.

Roni Salaki, Ketua FKKS Kecamatan Banyuates mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kecamatan sehat serta mewujudkan Zero stunting di wilayah Kecamatan Banyuates.

"Alhamdulillah kita bisa menggelar kegiatan rembuk stunting dengan melibatkan 20 Pokja Desa Sehat, yang mana kegiatan ini disupport langsung oleh Forum Sampang Sehat (FSS)", ungkapnya, Senin, 30 September 2024.

Anggota Pokja Desa Sehat yang hadir di kegiatan rembug, lanjut dia, selain dibekali materi terkait stunting juga diberi kesempatan untuk menyampaikan dan mengurai permasalahan yang ada di desanya masing-masing.

"Mereka sangat antusias dan semangat dalam mengurai permasalahan stunting serta menawarkan ide-ide kreatif dalam mewujudkan zero stunting di Wilayah Kecamatan Banyuates," ujarnya. 

Pihaknya berharap kolaborasi dari berbagai sektor semakin solid demi menuntaskan permasalahan stunting di wilayah Kecamatan Banyuates.

"Jika ditemukan warga positif stunting, mohon ditangani secara khusus dan baik agar lebih terarah serta terkoordinir karena komitmen kita di Kecamatan Banyuates harus keluar dari zona merah stunting", pungkasnya.

Terpisah, Aminatur Rizkia, Bendahara Forum Sampang Sehat (FSS) menuturkan bahwa dengan adanya kegiatan rembuk stunting yang sudah dilaksanakan oleh Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) Banyuates ini semoga menjadi salah satu pintu sinergitas stakeholder untuk mengaktifkan kembali peran pentahelix baik di tingkat kecamatan hingga tingkat dusun dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kecamatan sehat dan memperkuat kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam kehidupan sehat.

"Kami sangat mengapresiasi sekali mengenai antusias gerakan bersamanya FKKS Banyuates yang sangat luar biasa bersama tim dan partisipasi aktif dari seluruh pihak. sehingga sangat penting untuk di support dengan komitmen berkelanjutan untuk terciptanya inovasi-inovasi baru dalam mewujudkan kecamatan sehat. Mari kita terus bersama-sama untuk mewujudkan Sampang Sehat berkelanjutan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

FKKS Kecamatan Banyuates Rembuk Stunting Kecamatan Sehat FSS FKKS