Ai Komariah, Puteri Pendidikan Jawa Barat 2022 Bangga Kenakan Batik

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Mustopa

3 Oktober 2023 02:38 3 Okt 2023 02:38

Thumbnail Ai Komariah, Puteri Pendidikan Jawa Barat 2022 Bangga Kenakan Batik Watermark Ketik
Ai Komariah, Puteri Pendidikan Jawa Barat 2022 (Foto: dokumen pribadi)

KETIK, PURWAKARTA – Puteri Pendidikan Jawa Barat 2022, Ai Komariah yang akrab dengan panggilan Ay mengungkapkan rasa bangganya dengan mengenakan pakaian batik.

Menurut alumnus STIKes Dharma Husada Bandung ini, batik adalah salah satu kebudayaan dan ikon Indonesia. Batik merupakan kain yang dilukis dengan menggunakan cairan lilin malam dengan menggunakan sebuah alat bernama canting.

"Dengan lilin dan canting tersebut, para perajin menggambar dan melukis di sebuah kain hingga membuat kain tersebut bernilai tinggi," kata Ai kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan WhatsApp, Selasa (03/10/2023).

Pemilik akun media sosial Instagram @aya_akm menyampaikan, memakai batik apapun bentuknya membuatnya bangga, mengenakan batik juga menjadi lebih elegan dan percaya diri.

Dara kelahiran Purwakarta ini menyebut, batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, khususnya Jawa sejak lama. 

"Saya sebagai generasi millenial sangat bangga bisa memakai batik sebagai adat budaya Indonesia. Memakai pakaian batik lebih terlihat simple dan elegan tapi terlihat berwibawa. Memakainya di acara semi formal dan formal sangat membantu untuk lebih percaya diri," imbuh Ay. 

Karenanya, ia mengajak untuk melestarikan kekayaan budaya Indonesia yaitu batik sebagai identitas bangsa. "Selamat Hari Batik Nasional 2023. Semoga dengan ditetapkannya Hari Batik Nasional, dapat meningkatkan taraf hidup, kesejahteraan, dan harkat martabat para pengerajin batik di seluruh Nusantara," lanjutnya.

Ia juga menegaskan, bahwa mengenakan pakaian batik merupakan satu di antara wujud nyata cinta tanah air. 

"Selain itu harapan-harapan untuk seluruh pengrajin batik untuk tetap mempertahankan keunikan, ciri khas batik daerah masing-masing dan bisa membuat Senin melukis (batik) ini dikenal oleh dunia," bebernya.

Bangga saat mengenakan batik kata Ai Komariah, merupakan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila yang bunyinya adalah persatuan Indonesia. Oleh karena itu, sebagai anak bangsa harus tetap mempertahankan, melestarikan, meningkatkan adat budaya.

"Sesuatu kehormatan bagi para leluhur kita. Tetap bangga berbudaya dengan memakai batik. Dalam setiap motif batik, terkandung cerita dan makna. Begitu juga dalam hidup kita, setiap langkah memiliki arti yang mendalam," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ai Komariah Puteri Pendidikan Jawa Barat 2022 Batik Cantik