Detik-Detik Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi Dikirab dari Monas ke IKN

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

10 Agustus 2024 03:30 10 Agt 2024 03:30

Thumbnail Detik-Detik Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi Dikirab dari Monas ke IKN Watermark Ketik
Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi tiba di Pesawat Boeing TNI AU menuju IKN (10/8/2024). (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretaris Presiden)

KETIK, JAKARTA – Prosesi Kirab Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi dikirimkan dari Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (10/8/2024).

Tim Paskibraka yang bertugas membawa Bendera Pusaka adalah Purna Paskibraka 2023 yaitu pasukan berkuda dan marching band.

Tim Purna Paskibraka 2023 yang bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.

Selanjutnya, bendera dan teks proklamasi tersebut akan dibawa menggunakan kendaraan taktis Maung dengan iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, hingga marching band.

Foto Kirab Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi dari Monas menuju Halim Perdanakusuma. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretaris Presiden)Kirab Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi dari Monas menuju Halim Perdanakusuma. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretaris Presiden)

Kemudian, iring-iringan tersebut akan menuju Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma. Setelah itu, langsung diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU bernomor A-7305.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN.

Purna Paskibraka 2023 yang bertugas membawa bendera Merah Putih yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Adapun bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

Foto Pesawat Boeing TNI AU yang membawa Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi ke Ibu Kota Nusantara. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretaris Presiden)Pesawat Boeing TNI AU yang membawa Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi ke Ibu Kota Nusantara. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretaris Presiden)

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menjelaskan Kirab hari ini dipimpin oleh Kasetpres, kemudian melibatkan sekitar 180 abang none dari DKI Jakarta, kemudian 122 Purna Paskibraka provinsi DKI Jakarta.

"Melibatkan dari siswa siswi IPDN, maupun politeknik serta Pamong Praja. Jadi semua dilibatkan termasuk juga kesenian Juga kearifan lokal tentu akan kita angkat untuk mengiringi kirab duplikat bendera sang merah putih dan teks proklamasi," terangnya dikutip dari Suara.com jaringan Ketik.co.id pada Sabtu (10/8/2024). (*)

Tombol Google News

Tags:

Kirab Bendera Bendera Pusaka Naskah Proklamasi Monas-IKN Purna Paskibraka 2023 AgustusanIKN