Edisi Pertama Jatim Fest Berhasil Bukukan Transaksi Rp 16 Miliar

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

9 Oktober 2023 04:35 9 Okt 2023 04:35

Thumbnail Edisi Pertama Jatim Fest Berhasil Bukukan Transaksi Rp 16 Miliar Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat mengunjungi salah satu stand UMKM di Jatim Fest, Minggu (8/10/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Gelaran Jatim Fest 2023 yang digelar di Jatim Expo, Surabaya mulai Rabu 4 Oktober 2023 hingga Minggu 8 Oktober 2023 resmi ditutup. Penutupan dilakukan langsung oleh Gubernur Khofifah, Minggu (9/10/2023).

Selama lima hari penyelenggaraan, Jatim Fest telah dikunjungi sebanyak 30.825 orang. Dan total transaksi yang dicapai senilai Rp 16.144.656.000. Angka ini terbilang sangat memuaskan mengingat ini merupakan penyelenggaraan pertama kalinya Jatim Fest.

Gubernur Khofifah mengatakan, melalui event-event pameran perdagangan semacam ini dapat memperlihatkan potensi dari berbagai UMKM di Jawa Timur. Pemprov Jatim selalu berusaha melakukan upaya agar UMKM bisa naik kelas untuk mendongkrak perekonomian.

"Ini penting mengingat kontribusi sektor UMKM pada PDRB Jatim memiliki persentase 58,4% pada akhir 2022 lalu," jelas Khofifah saat ditemui di Jatim Expo, Minggu (8/10/2023).

Khofifah menambahkan, saat ini tantangan terbesar yang harus dihadapi adalah bagaimana mendorong UMKM untuk melakukan digitalisasi di tengah kemajuan teknologi. Hal ini sangat penting agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. 

Foto Gubernur Khofifah berfoto bersama ABK di stand Dinsos Jatim, Minggu (8/10/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Gubernur Khofifah berfoto bersama ABK di stand Dinsos Jatim, Minggu (8/10/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Proses kurasi juga tak kalah penting, lewat kurasi produk-produk K-UMKM ini, nantinya akan memudahkan kurator-kurator dalam mendapatkan sertifikasi. Seperti yang diinisiasi Bank Indonesia (BI) yang kemudian dikuatkan oleh berbagai perguruan tinggi lainnya juga ikut memberikan pelatihan-pelatihan bagi calon-calon kurator tersertifikasi.

“Namun PR kita berikutnya, yaitu bagaimana mendekatkan para pelaku UMKM dengan digital IT dan ekosistem digital lainnya," tambah Khofifah.

Terkait dengan banyaknya UMKM yang bergerak di sektor makanan dan minuman, Gubernur Khofifah menekankan pentingnya uji laboratorium untuk mendapatkan sertifikasi halal dan izin edar. Oleh sebab itu selain laboratorium milik BPOM, mantan Menteri Sosial RI itu juga meminta laboratorium lain untuk membantu memberikan percepatan pelayanan

"Sebetulnya sudah ada laboratorium milik BPOM, tapi bahwa keberadaan laboratorium lain yang mampu melakukan sertifikasi halal juga dibutuhkan," tegas Khofifah.

Sebagai informasi, Jatim Fest 2023 diikuti 88 peserta dengan total sebanyak 198 stand. Jatim Fest merupakan kelanjutan dari event Jatim Fair yang sudah berlangsung sejak tahun 2010 – 2022 dengan konsep yang lebih fresh dibanding tahun-tahun sebelumnya, Jatim Fest 2023 berhasil menarik animo masyarakat Jatim.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jatim Fest Jawa timur Pameran Perdagangan UMKM Gubernur Khofifah Ekonomi