Fara Syahla, 1st RU Putri Budaya Indonesia 2023 Sebut Pentingnya Melestarikan Keragaman Bangsa

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

13 Desember 2023 05:27 13 Des 2023 05:27

Thumbnail Fara Syahla, 1st RU Putri Budaya Indonesia 2023 Sebut Pentingnya Melestarikan Keragaman Bangsa Watermark Ketik
Fara Syahla, 1st RU Putri Budaya Indonesia 2023 (Foto: Wandi/ketik.co.id)

KETIK, BANDAR LAMPUNG – Lampung merupakan provinsi yang strategis karena menjadi pintu gerbang lintas dua kawasan ekonomi penting, yakni antara Sijori (Singapura, Johor, dan Riau), dan pusat pasar nasional (Jakarta), serta Jawa Barat bagian barat.

Hal itu menarik perhatian bagi 1st Runner Up Putri Budaya Indonesia 2023, Fara Syahla Gabriela. Gadis yang biasa dipanggil Fara ini tinggal di Bandar Lampung dan menempuh studi di Fakultas Hukum Universitas Bandar Lampung. 

Fara menilai, penting untuk melestarikan keragaman bangsa. Menurut pemilik akun media sosial Instagram @fara.syh sudah semestinya masyarakat harus tahu bahwasannya budaya di Indonesia khususnya Lampung itu sangatlah beragam dan masih cukup kental. Mulai dari adat istiadat, kuliner, dan pastinya seni. 

"Salah satu kearifan lokal masyarakat Lampung yang diketengahkan di sini yaitu Piil Pesenggiri dan Muakhi yang keduanya secara ideal memiliki nilai dan spirit universal sehingga bisa dijadikan rujukan bagi masyarakat luas," katanya kepada media online nasional Ketik.co.id, pada hari Rabu (13/12/2023).

Ke depannya, bagi Fara yang mempunyai hobi mengeksplor hal-hal baru, adanya keragaman budaya Lampung serta Indonesia dapat menciptakan pemahaman bahwa semua elemen budaya yang ada adalah warisan bersama seluruh masyarakat Lampung dan Indonesia.

Foto Fara Syahla, 1st RU Putri Budaya Indonesia 2023 dalam sebuah sesi foto (Foto: dok. pribadi)Fara Syahla, 1st RU Putri Budaya Indonesia 2023 dalam sebuah sesi foto (Foto: dok. pribadi)

"Dengan cara menciptakan rasa kepemilikan bersama terhadap budaya dan tradisi Lampung dan Indonesia. Pasti merasa bangga, karena kita merasa memiliki sebagian dari kekayaan budaya yang ada di negara ini," ujar Fara yang juga merupakan Lifestyle Influencer.

Sebagai Puteri Budaya Indonesia, Fara percaya bahwa kewajiban akan menjaga kelestarian kebudayaan yang ada di Indonesia merupakan kewajiban bersama tanpa melihat suku, ras maupun agama.  

Secara khusus dirinya mengajak masyarakat khususnya kaum milenial untuk melestarikan dan bahkan mengembangkan budaya yang ada di Indonesia, melalui advokasi yang ia bawa, yaitu Sharing Promotion and Fun Education (Shamocation). 

"We will be channel of hope, motivation, and unity in diversity. Jangan pernah malu untuk berbudaya, karena bahwasannya budaya adalah harta suatu bangsa," tandasnya menutup pernyataan dengan nada semangat dan optimis.

Sebagai tambahan informasi, prestasi yang pernah Fara raih yaitu:
1. Top10 Muli Mekhanai Kota Metro 2022
2. 3rd Ru Puteri Ekowisata Lampung 2022
3. 3rd Ru Puteri Ekowisata Indonesia 2022 
4. 1st Ru Putri Budaya Indonesia 2023 
5. Brand Ambassador dari salah satu mall ternama di Lampung, yaitu Lampung City Mall

Tombol Google News

Tags:

Fara Syahla 1st RU Putri Budaya Indonesia 2023 Cantik Lampung Keragaman Bangsa