Hujan Disertai Angin Sapu Separuh Atap Kantor Balai Desa Canggu Badas Kediri

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: Mustopa

21 Februari 2024 12:28 21 Feb 2024 12:28

Thumbnail Hujan Disertai Angin Sapu Separuh Atap Kantor Balai Desa Canggu Badas Kediri Watermark Ketik
Atap Balai Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri tersapu angin saat hujan, Rabu (21/2/2024). (foto : ist).

KETIK, KEDIRI – Separuh atap Kantor Balai Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri rusak akibat hujan disertai angin kencang. Insiden itu terjaadi pada Rabu (21/2/2024) sekitar pukul 14.00 WIB siang. 

Kepala Desa Canggu, Saptonoko saat dikonfirmasi mengatakan, musibah tersebut terjadi begitu cepat. Hujan disertai angin membuat atap bagian tengah kantor balai desa tersebut copot tersapu angin. 

"Kebetulan kami masih berada di balai desa, separuh atap dari Balai Desa ini terbawa angin, ada sampai 20 meter lebih ke barat kantor," terangnya.

Saptonoko menjelaskan, atap jenis alderon atau PVC yang diterjang angin tersebut sekitar 9 meter dengan lebar 3 meter.

Selain atap kantor desa, dari laporan warga setelah hujan reda di Dusun Pandan dan Surowono juga mengalami kerusakan atap yang parah. Kata Sapto, banyak atap genting dan esbes rumah warga yang ikut tersapu angin.

"Sangat luar biasa hujan dan anginnya kencang sekali hari ini," terangnya. 

Atas kejadian tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Kediri. Sementara itu, terkait dengan perbaikan atap tersebut, masih akan disampaikan ke pihak pemda setempat.

Sebab menurut Sapto, kantor tersebut pada tangga 25 Februari nanti akan menerima bantuan pangan. 

"Karena ruangan ini sangat vital untuk kegiatan desa maka sesegera mungkin kami akan lapor ke pemda untuk renovasi," ungkapnya. 

Sebagai langkah agar tidak terjadi korban, Sapto mengaku beberapa kali telah mengingatkan kepada warganya dalam berbagai acara desa untuk waspada jika ada hujan disertai dengan angin kencang datang. 

"Memang ini bukan pertama kali, beberapa kali sudah ada seperti pohon tumbang juga. Kami sampaikan untuk selalu hati-hati," pesannya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Atap tersapu angin balai desa Canggu badas Kediri kediri hujan angin hujan Kediri