Jangan Sia-siakan Masa Muda, Cobalah Solo Traveling Setidaknya Sekali dalam Hidup!

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

4 November 2023 04:31 4 Nov 2023 04:31

Thumbnail Jangan Sia-siakan Masa Muda, Cobalah Solo Traveling Setidaknya Sekali dalam Hidup! Watermark Ketik
Ilustrasi solo traveling. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Masa muda akan sia-sia jika hanya dihabiskan untuk belajar, bekerja, merasa cemas, khawatir, dan takut. Untuk menikmati hidup, terkadang diperlukan waktu untuk rehat sejenak dari kehidupan yang monotan, tanpa ada gairah.

Traveling menjadi salah satu cara ampuh untuk melepaskan beban pikiran dan membuat masa muda lebih berwarna. Berlibur bersama keluarga dan teman mungkin sudah menjadi hal biasa. Cobalah sekali dalam hidup kalian untuk melakukan solo traveling.

Solo traveling atau bepergian seorang diri untuk berwisata memang terdengar menakutkan. Namun jangan hanya berfokus pada rasa takut dan khawatir jika tidak ingin kehilangan kesempatan dalam menambah pengalaman baru itu. Terdapat banyak cara yang dapat kalian persiapkan untuk memulai solo traveling.

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengumpulkan niat dan keberanian untuk solo traveling. Pilihlah salah satu kota yang akan menjadi jujukan kalian untuk berwisata. Setelah itu tentukan kapan waktu keberangkatan kalian. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan!

1. Persiapkan Akomodasi dan Transportasi
Apabila kalian telah menentukan daerah mana yang menjadi jujukan wisata, carilah tempat menginap yang mudah diakses. Carilah penginapan yang sesuai dengan budget dan review yang baik dari pengunjung lain.

Pastikan bahwa kalian telah menyiapkan tiket untuk pulang-pergi sesuai waktu berwisata yang telah kalian tentukan. Saat di lokasi wisata pun kalian perlu mempertimbangkan moda transportasi yang efektif dan efisien. Kalian dapat mencari tahu akses dan jalur transportasi umum setempat maupun menyewa motor untuk perjalanan kalian.

2. Buat Rencana Perjalanan
Sebagai solo traveler pemula, kalian harus menyiapkan rencana perjalanan supaya waktu kalian tidak habis untuk memikirkan kemana akan pergi. Buatlah rencana perjalanan dengan riset kecil mengenai objek wisata yang akan dikunjungi. Dengan cara ini kalian dapat sekaligus mengetahui bugdet yang akan dikeluarkan dalam perjalanan solo traveling kalian.

3. Persiapkan Obat-Obatan dan Uang Lebih
Memastikan kesehatan terjaga selama solo traveling juga sangat penting dilakukan. Terlebih jika kalian memiliki riwayat penyakit seperti migrain, maag, dan penyakin lainnya. Jangan sampai kondisi yang tidak sehat justru menyusahkan dan menghambat segala rencana yang telah kalian persiapkan.

Saat solo traveling, kalian juga harus memastikan keuangan yang dimiliki tidak hanya cukup. Bawalah uang yang melebihi rencana budget perjalanan kalian sebagai dana darurat.

4. Membawa Alat Perlindungan Diri
Membawa alat untuk perlindungan diri merupakan cara supaya perjalanan kalian lebih aman. Kalian dapat membawa semprotan merica, maupun beberapa alat self defense yang dapat kalian temukan di e-commerse. Alat-alat ini dapat kalian gunakan saat merasa tidak aman.

Selamat mencoba.....!!!

Tombol Google News

Tags:

solo traveling Wisata tips wisata tips solo traveling Me time