Jokowi Apresiasi Kementerian ESDM Soal Pembangunan 108 Smelter

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

11 Oktober 2024 16:30 11 Okt 2024 16:30

Thumbnail Jokowi Apresiasi Kementerian ESDM Soal Pembangunan 108 Smelter Watermark Ketik
Presiden Jokowi yang menghadiri HUT ke-79 Pertambangan. (Foto: Biro Sekretariat Presiden)

KETIK, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengapresiasi upaya Kementerian ESDM yang telah berhasil mendorong pembangunan lebih dari 108 smelter di Indonesia.

Hal tersebut dianggap sebagai hasil kerja keras yang konsisten dalam memaksa perusahaan-perusahaan besar untuk membangun industri pengolahan di dalam negeri.

"Saya mengapresiasi Kementerian ESDM yang telah berhasil mendorong pembangunan lebih dari 108 smelter di Indonesia,"terang Jokowi dikutip dari X @jokowi pada Jumat 11 Oktober 2024.

Menurutnya Kementerian ESDM harus melanjutkan program hilirisasi. Menurutnya hal tersebut akan menunjang nilai tambah Kementerian ESDM yang harus ada di dalam negeri

"Hilirisasi dalam sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) adalah strategi utama untuk meningkatkan nilai tambah," terang Jokowi.

Jokowi kemudian menyoroti sejumlah hilirasi yang kini berhasil didirikan di Indonesia.

"Hilirisasi nikel misalnya, dari nilai ekspor bahan mentah sebesar USD 2,9 miliar pada 2020 menjadi USD 34,4 miliar pada 2023," papar Presiden Ke-7 ini.

"Semoga di HUT ke-79 Pertambangan dan Energi ini, semakin banyak upaya konkret untuk mewujudkan ketahanan energi nasional semakin," imbuh Presiden RI Joko Widodo.

Tombol Google News

Tags:

Presiden Jokowi Kementerian ESDM 108 smelter Hilirisasi HUT Pertambangan Jokowi