Tingkatkan Self Awareness, UC Surabaya Ajak Anak Muda Peduli Kesehatan Mental

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

11 Oktober 2024 14:25 11 Okt 2024 14:25

Thumbnail Tingkatkan Self Awareness, UC Surabaya Ajak Anak Muda Peduli Kesehatan Mental Watermark Ketik
Salah satu booth di kegiatan MHW UC Surabaya. (Humas UC Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Untuk Meningkatkan kepedulian tentang diri sendiri atau self awareness, Universitas Ciputra (UC) Surabaya mengajak mahasiswa untuk peduli terhadap kesehatan mental.

Head of Student Affair Universitas Ciputra Novi Rosita, S.Psi. menjelaskan,.kesehatan mental adalah tanggung jawab bersama.

"Kita harus bergandengan tangan untuk menjaganya, khususnya untuk generasi muda kita,” terang Novi menurut keterangan tertulis pada Jumat 11 Oktober 2024.

Kegiatan bertajuk Mental Health Week (MHW) ini dikemas dalam serangkaian kegiatan seperti seminar, lomba poster bertema mental health, coping booth dan juga pameran karya seni.

MHW dilaksanakan 7-11 Oktober 2024 berlokasi di Corepreneur Universitas Ciputra Surabaya.

Novi menjelaskan tujuan dari kegiatan ini di antaranya adalah meningkatkan kesadaran dan mendidik seluruh civitas tentang pentingnya kesehatan mental.

Selain itu juga menyebarkan informasi tentang cara mengenali tanda dan gejala masalah kesehatan mental.

"Mendorong aktivitas dan praktik yang meningkatkan kesejahteraan mental, seperti mindfulness, olahraga, ruang koping, dan nutrisi seimbang," terang Novi.

Kegiatan ini juga menawarkan lokakarya tentang manajemen stres dan pembangunan ketahanan, kegiatan MHW untuk menciptakan ruang yang aman untuk diskusi terbuka tentang kesehatan mental.

Novi menambahkan, pameran ini terbuka untuk mahasiswa UC dan masyarakat umum. 

“Pameran ini bukan pameran biasa, namun semacam terapi untuk membantu para pengunjung meredakan stress atau masalah mental yang mungkin dialami," ungkapnya.

Kegiatan MHW ini bersifat fun, namun bermanfaat untuk membantu mahasiswa dan masyarakat untuk mengenali masalah mental yang dialami dan bagaimana meredakannya.

Rosa Bany Widiaratri, S.Psi. Wellbeing and Counseling Officer dan juga penanggung jawab kegiatan MHW, menyebut antusias pengunjung luar biasa, dalam 1 hari kurang lebih 600 orang berkunjung ke booth pameran.

"Kami berharap kegiatan ini membawa manfaat bagi mahasiswa dan Masyarakat,” terang Rosa.

Beberapa booth untuk memberikan rasa keceriaan pada pengunjung yang datang di antara lain yaitu scream for Ice Cream, punching booth,emotion booth untuk mengenali emosi kita, hearing booth (mendengarkan musik sesuai mood), coloring booth, painting booth, bercakap dengan diri sendiri, relaksasi dan pernafasan dan F&B booth.(*)

Tombol Google News

Tags:

Universitas Ciputra UC Surabaya kesehatan mental MHW mental health