Jokowi Resmikan Jembatan Pulau Balang Penghubung Balikpapan dengan IKN

Jurnalis: Wawan Saputra
Editor: Gumilang

28 Juli 2024 13:27 28 Jul 2024 13:27

Thumbnail Jokowi Resmikan Jembatan Pulau Balang Penghubung Balikpapan dengan IKN Watermark Ketik
Jokowi memberi pidato saat peresmian Jembatan Pulau Balang (Foto : Sekretariat Presiden)

KETIK, PASAMAN BARAT – Presiden Joko Widodo (Jokowi)di dampingi Iriana Joko Widodo  meresmikan jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi  Kalimantan Timur (Kaltim) pada Minggu (28/7/2024).

Jokowi tiba dengan mengendarai sepeda motor dan mengenakan jaket riding bertuliskan Nusantara. Dalam kunjungan kali ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Yang berbeda pada kunjungan kali ini, Presiden juga mengajak sejumlah Influencer dan artis Ibukota, diantaranya, Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Gading Marten dan artis lainnya. 

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini saya resmikan Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Pasir Utara, Provinsi Kalimantan Timur," ucap Jokowi.

Disebutkan, jembatan bertype Cable Stayed yang dibangun sejak 2015 itu juga merupakan penghubung antara Balikpapan dengan Ibukota Nusantara (IKN).

Jembatan Pulau Balang sendiri terdiri dari beberapa struktur diantaranya jembatan utama sepanjang 804 meter, struktur jembatan pendekat sepanjang 167 meter, dan akses jalan 1.807 meter. Total anggaran yang dihabiskan untuk proyek itu capai Rp 1,43 Triliun. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jembatan Pulau Balang Jokowi IKN