Kecantikan Menurut Kartika Elisya Riyanti, Finalis Putri Hijab Jabar 2023

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Marno

15 Juli 2023 00:05 15 Jul 2023 00:05

Thumbnail Kecantikan Menurut Kartika Elisya Riyanti, Finalis Putri Hijab Jabar 2023 Watermark Ketik
Kartika Elisya Riyanti (Foto: Dok.pri)

KETIK, PURWAKARTA – Kartika Elisya Riyanti, akrab dipanggil Kartika, memaknai kecantikan sebagai sesuatu yang sangat melekat bagi kaum wanita. Cantik itu sendiri didefinisikan dengan suatu yang indah dan menarik. 

"Kecantikan seorang wanita terkadang diartikan oleh sebagian orang hanya sebatas penampilan fisik semata. Padahal dalam konsep secara luas, cantik tidak hanya dilihat dari fisik semata, namun juga sifat manusia berupa akhlak, tabiat, tutur kata dan inner beautynya," kata Kartika kepada wartawan melalui pesan singkat, Sabtu (15/7/2023).

Menurut gadis cantik asal Purwakarta tersebut, termasuk bagi seorang wanita muslim, bahwa jilbab adalah simbol harga diri, kemuliaan, penjagaan, dan simbol rasa malu. Karena Allah SWT memerintahkan perempuan agar mengenakan hijab atau memakai kerudung. 

"Perintah berhijab sudah sangat jelas dalam Al-Qur’an maupun yang mengharap ridho Allah. Hijab juga dapat memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih salehah dan terhindar dari hal-hal terlarang sebagai dosa besar," ucap Kartika yang hobi membaca dan fashion show.

Pemilik akun media sosial Instagram @krtkrynt dan TikTok @krtkelisya menerangkan, manfaat menggunakan hijab dalam Islam yaitu pertama dapat mewakili kesucian wanita, kedua meningkatkan aura kecerdasan, ketiga mendapat keberkahan dari Allah SWT, keempat dapat melindungi dari tindakan pelecehan, dan kelima dapat mengurangi persaingan dengan wanita lain. 

"Menutup aurat adalah wajib bagi setiap perempuan dan laki laki Islam. Khusus kaum perempuan, kewajiban ini akan terlaksana dengan memakai jilbab atau busana muslimah. Jadi memakai jilbab adalah wajib bagi setiap muslimah," ujarnya.

Putri dari Bapak Masruri dan Ibu Lilis Yulianti mengajak bagi kaum perempuan untuk selalu istiqomah dalam berhijab. Karena pada dasarnya hijab merupakan tata cara berpakaian wanita muslimah sesuai dengan syariat Islam.  

"Jika pintu hati kita terketuk untuk berhijab, ada baiknya mengetahui pula cara memantapkan hati untuk berhijab agar jadi lebih Istiqomah. Misalnya, mengenali hijab lebih dekat, fahami hukum hijab, hijab bukanlah pengungkung, langkah awal berhijab, berterima kasih pada Allah SWT, dan ingat keutamaan hijab," bebernya.

Secara khusus Kartika menambahkan, anak perempuan mesti dibiasakan memakai hijab syar’i sejak kecil. Sehingga saat dewasa sudah terbiasa dan tidak canggung untuk menutup aurat.

"Hijab bukan hanya tentang apa yang kita kenakan, tetapi juga tentang sikap dan ucapan. Hijab tak hanya sekedar aksesoris fisik belaka, hijab adalah identitas. Hijab adalah refleksi ketaatan wanita kepada Allah SWT,” tutup Kartika dengan nada penuh semangat.

Sebagai informasi, prestasi yang pernah diraih Kartika yaitu juara 1 acara event Indomaret Fashion Show di SMK TI Muhammadiyah 1 Cikampek, juara favorit acara event Duta Batik di Jakarta, dan juara 3 lomba Fashion Show di MTs dan TK. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kartika Elisya Riyanti Kecantikan Finalis Putri Hijab Jabar 2023