Hati-hati 5 Kebiasaan Ini Bikin Kulit Kendur

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

25 Mei 2024 07:35 25 Mei 2024 07:35

Thumbnail Hati-hati 5 Kebiasaan Ini Bikin Kulit Kendur Watermark Ketik
Ilustrasi kulit kendur. (Foto: Freepik)

KETIK, SURABAYA – Memiliki kulit yang kencang dan cantik tentu saja menjadi keinginan banyak orang. Oleh sebab itu banyak orang menggunakan produk perawatan kulit dan menjalani pola hidup sehat untuk menjaga kondisi kulitnya.

Akan tetapi tahukah kamu, jika terdapat beberapa faktor yang tanpa kita sadari ternyata bisa merusak tampilan kulit kita dan membuatnya tampak kendur. Hal ini tentu akan membuat semua usaha anda untuk menjaga tampilan kulit menjadi sia-sia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini kami ulas beberapa kebiasaan yang dapat membuat kulit menjadi kendur. Beberapa kebiasaan ini sering kita lakukan tanpa disadari.

1. Kurang tidur

Seperti yang kita ketahui jika tidur yang cukup memegang peranan penting bukan hanya bagi kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan otak. Oleh sebab itu jika anda ingin mendapatkan tampilak kulit yang sehat dan kencang usahakan untuk mulai memperbaiki pola tidur agar lebih baik.

2. Rokok dan alkohol

Gaya hidup tidak sehat seperti konsumsi alkohol dan merokok sudah pasti bisa mempengaruhi kondisi kulit anda. Merokok dan konsumsi alkohol berkontribusi besar dalam munculnya kerutan dini dan dapat menyebabkan kulit kusam.

Selain itu, Kandungan yang ada di rokok mengurangi sirkulasi darah. Sehingga sel-sel kehilangan nutrisi dan alhokol. Sementara alkohol dapat membuat kulit dehidrasi dan membuatnya tampak kendur.

3. Terpapar sinar UV dari Matahari 

Sinar matahari memang mengandung vitamin D yang baik bagi tubuh. Akan tetapi jika terlalu lama terpapar sinar matahari justru akan membuat kulit jadi kusam dan terbakar karena paparan sinar UV nya.

Selain itu sinar UV juga dapat menyebabkan penuaan dini yang bisa membuat tampilan kulit menjadi berkerut dan kendur.

4. Konsumsi makanan tidak sehat

Apa yang kita konsumsi tentu berpengaruh besar terhadap kondisi tubuh kita. Seperti konsumsi gula, lemak, jenuh, dan makanan olahan dapat memicu peradangan dalam tubuh.  Ini akan menyebabkan kulit menjadi kemerahan, berjerawat, dan kendur.

5. Stres

Stres dan cemas dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit. Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon adrenalin dan kortisol yang dapat merusak kolagen dan elastin kulit dan menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. 

Dengan rusak ya kolagem dam elastin kulit, sudah pasti akan membuat kulit terlihat kendur dan membuat kita tidak percaya diri.(*)

Tags:

kesehatan Kecantikan Kulit kendur Sinar UV pola tidur Kulit kencang