Pemkot Surabaya Genjot Infrastruktur PDAM, Pastikan Air Bersih Tersedia 24 Jam

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

9 September 2024 11:52 9 Sep 2024 11:52

Thumbnail Pemkot Surabaya Genjot Infrastruktur PDAM, Pastikan Air Bersih Tersedia 24 Jam Watermark Ketik
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat meninjau pembangunan rumah pompa PDAM, 8 September 2024. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menargetkan pada 2025 aliran air bersih tersedia di seluruh wilayah selama 24 jam. Hal ini sebagai komitmen Pemkot Surabaya dalam menyediakan akses air bersih bagi seluruh warga.

Akses air bersih yang selalu tersedia merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang sangat penting. Oleh sebab itu untuk mencapai tujuan tersebut berbagai program revitalisasi fasilitas PDAM terus dikebut oleh Pemkot Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan saat ini pihaknya tengah membangun proyek strategis Rumah Pompa Putat Gede 3. Keberadaan rumah pompa ini bertujuan untuk mendukung suplai air dari Rumah Pompa Putat Gede 1 dan 2.

Keberadaan ketiga rumah pompa Putat Gede ini berfungsi sebagai distribution center menopang operasi Rumah Pompa Mbah Ratu dan Rumah Pompa Krembangan. Ini agar pelayanan merata sampai ke ujung layanan daerah Surabaya Utara.

"Sehingga, dari sini (Rumah Pompa air Putat) akan dioper ke Rumah Pompa Air Mbah Ratu untuk memperlancar suplai air di Surabaya Utara," jelas Eri, Minggu 8 September 2024.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga tengah membangun Instalasi Pengelolaan Air Minum (IPAM) Karangpilang 4 sebagai tempat pengelolaan baru.

Nantinya, apabila IPAM Karangpilang 4 sudah beroperasi, air yang dikelola akan disalurkan ke Rumah Pompa Putat Gede 3, lalu diteruskan ke Rumah Pompa Mbah Ratu sehingga suplai untuk Surabaya Utara akan tercukupi.

"Kalau yang di Karangpilang sudah beroperasi akan masuk (suplai air) akan masuk ke Putat Gede lalu dioper ke Mbah Ratu sehingga permasalahan air di Surabaya akan selesai," tambahnya.

Peremajaan pipa-pipa PDAM juga dilakukan agar tidak mengganggu proses distribusi air bersih ke rumah-rumah penduduk. Dalam kurun waktu 2023-2024 Eri menyebut pihaknya sudah melakukan peremajaan pipa sepanjang 215 kilometer.

"Saya minta dibuatkan (peta) semua wilayah. Misalnya, Kecamatan Pakal, kecamatan ini ini sudah 100 persen yang keluar. Kecamatan Benowo ada yang keluar, tapi jamnya dari jam sekian sampai jam sekian," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Air bersih Ketersediaan air Rumah Pompa Peremajaan pipa Eri Cahyadi Pemkot Surabaya