Norma Hasanatul Magfiroh, Duta Santri Nasional 2023 Bicara Nilai Kepesantrenan

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Mustopa

7 Januari 2024 05:26 7 Jan 2024 05:26

Thumbnail Norma Hasanatul Magfiroh, Duta Santri Nasional 2023 Bicara Nilai Kepesantrenan Watermark Ketik
Norma Hasanatul Magfiroh, Duta Santri Nasional 2023 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Norma Hasanatul Magfiroh, akrab dengan panggilan Norma, merupakan gadis kelahiran Tulungagung 20 Maret 2001. Dara yang kini tinggal di Kota Malang, Jawa Timur, sukses meraih selempang Duta Santri Nasional 2023.

"Alhamdulillah saya meraih selempang Duta Santri Nasional mewakili Lembaga Tinggi Pondok Pesantren Luhur Malang dan Ma'had Al Jamiah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," kata Norma kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan WhatsApp, Minggu (07/01/2024).

Mahasiswi fastrack Program Studi Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengatakan, Duta Santri Nasional adalah kumpulan anak muda dari berbagai pondok pesantren dan lembaga pendidikan Islam yang mengembangkan nilai-nilai kepesantrenan dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

"Duta Santri Nasional menjadi perwakilan para santri untuk menyebarkan nilai kepesantrenan dalam bidang agama dan pendidikan, sains dan teknologi, sosial dan kemasyarakatan, politik dan hukum, kesehatan dan olahraga, energi dan lingkungan, ekonomi dan kewirausahaan, budaya dan pariwisata, diaspora, serta multimedia," ujarnya.

Pemilik akun media sosial Instagram @normahasanatul mengungkapkan alasan mengikuti ajang Duta Santri Nasional, yakni sebagai bentuk ibadah dan dakwah.

Hal ini sejalan dengan upayanya dalam mengembangkan diri dan tentunya untuk meng-influence santri di Indonesia bahwa mereka bisa berkembang dan bertumbuh menjadi manusia-manusia hebat. 

"Alasan lain yaitu diminta mendaftarkan diri mengikuti ajang ini oleh salah satu senior Duta Santri Nasional 2018 yang meyakinkan saya bahwa kita bisa berproses lebih banyak di ajang 2 tahunan tersebut. Tentu ada tanggung jawab besar yang akan dijalankan selama menjabat," imbuh perempuan yang hobi travelling.

Norma sangat bersyukur dan senang terkhusus hadiah umroh yang ia dapatkan menjadi kado terindah di akhir tahun 2023. Selain itu juga bangga bisa menjadi bagian dari santri Indonesia yang bisa menunjukkan eksistensinya baik secara nasional maupun internasional nantinya. 

Ia memberkan beberapa tugas Duta Santri Nasional, yaitu mewujudkan visi dan misi yang telah dibuat sedemikian rupa. Pertama menghimpun dan mempersiapkan kader-kader intelektual santri di seluruh negeri sebagai penerus perjuangan bangsa.

Yang kedua melakukan proses pendidikan, pelatihan, pendampingan serta pemberdayaan dalam usaha meningkatkan dan mengembangkan kualitas santri sesuai minat dan keahliannya demi mewujudkan pusat keunggulan santri. Dan yang ketiga membangun dan mewujudkan masyarakat bernegara yang rahmatan lil alamin

Dengan terfokus pada 3 misi tersebut, kata Norma, maka lengkap sudah tugas sebagai role model santri di Indonesia dan tentunya mewadahi santri-santri di Indonesia untuk terus mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.

Ia sebagai Duta Santri Nasional Putri 2023 mengajak seluruh santri Indonesia untuk terus bergerak, bertumbuh, berproses dan berkembang bersama karena ia yakin bahwa santri di Indonesia adalah orang-orang hebat dan luar biasa. 

"Sesuai dengan motto hidup saya life is coiche, khoirunnas anfa'uhum linnas yang artinya sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya," tandasnya.

 

Bidoata

Nama: Norma Hasanatul Magfiroh

Tempat, Tanggal Lahir: Tulungagung, 20 Maret 2001

Domisili: Kota Malang, Jawa Timur

Pekerjaan: Mahasiswa

Prestasi:

 

  • Duta Pesantren Luhur 2021
  • Duta IPPNU PAC Sumbergempol Tulungagung 2022
  • Duta Fakultas Psikologi UIN Malang 2022
  • RU 1 Duta Kampus UIN Malang 2023
  • Finalis Miss Hijab Jawa Timur 2023
  • Delegasi "Simposium Nasional dan Debat isu-isu Pemberdayaan Masyarakat API - Universitas Gajahmada Yogyakarta 2022"

Pengalaman Organisasi: 

 

  • Majelis Santri Bidang Penelitian dan Pengembangan Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang 2022
  • Pengurus Departemen Pengembangan Minat dan Bakat (PMB) Pimpinan Komisariat IPPNU UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2023
  • Sekretaris Ikatan Mahasiswa Muslim Psikologi Jawa Timur 2023
  • Ketua Paguyuban Duta Psikologi UIN Malang 2022
  • Sekretaris Duta Kampus UIN Malang 2023
  • Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang 2022
  • Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang 2021.(*)

Tombol Google News

Tags:

Norma Hasanatul Magfiroh Duta Santri Nasional 2023 Cantik mahasiswi Kepesantrenan