Pencak Silat Piala Panglima TNI 2024 Digelar, Melestarikan Budaya dan Melahirkan Juara

Jurnalis: Moh. Rusdi
Editor: M. Rifat

27 Oktober 2024 08:01 27 Okt 2024 08:01

Thumbnail Pencak Silat Piala Panglima TNI 2024 Digelar, Melestarikan Budaya dan Melahirkan Juara Watermark Ketik
Kejuaraan Pencak Silat Piala Panglima TNI 2024 di Gedung Merampit Sesko TNI Kota Bandung, Jumat, 25 Oktober 2024.(Foto: Instagram @fauzan.kesuma)

KETIK, BANDUNG – Pencak Silat adalah seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia dan telah berkembang di berbagai wilayah Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura. 

Seni bela diri ini tidak hanya mengajarkan teknik pertarungan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai seperti disiplin, keberanian, kesopanan, dan kebijaksanaan.

Kali ini sebanyak 2.002 pelajar mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Piala Panglima TNI 2024 yang digelar di Gedung Merampit Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI Kota Bandung, Jumat-Minggu, 25-27 Oktober 2024.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Jawa Barat (Jabar), Deden Saepul Hidayat hadir pada acara pembukaan yang dibuka oleh Komandan Sesko (Dansesko) TNI, Marsekal Madya TNI Arif Widianto.

Deden berharap, turnamen ini mampu membentuk karakter peserta didik. yang mau berakhir pekan dengan menonton kompetisi pencak silat, bisa  datang lagsung ke Gedung Merampit Sesko TNI.

"Tujuannya tentu pendidikan karakter, implementasi dari sikap suportif, kerja sama, saling menghargai, dan juga menjaga kesehatan," tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima Ketik.co.id.  

Lantas sekdisdik pun mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkolaborasi untuk mewadahi minat dan bakat pelajar Jabar melalui ajang kompetisi. 

Sementara itu, Dansesko TNI menyebut, bahwa selain melestarikan pencak silat juga sebagai jati diri budaya bangsa yang perlu dilestarikan hingga nanti untuk anak dan cucu.

Kemudian pihaknya juga ingin berkontribusi dalam perkembangan dan pembinaan pencak silat untuk mencari bibit-bibit atlet pencak silat. 

"Nah mereka inilah yang nantinya siap berlaga di ajang olimpiade olahraga internasional," tandasnya menutup penyampaian dengan nada penuh semangat. (*) 

Tombol Google News

Tags:

pencak silat Piala Panglima TNI 2024 Melestarikan Budaya juara