Rotary Club Surabaya Kaliasin dan RSUD Haji Fasilitasi 100 Anak Khitan Massal Gratis

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

27 Oktober 2024 12:04 27 Okt 2024 12:04

Thumbnail Rotary Club Surabaya Kaliasin dan RSUD Haji Fasilitasi 100 Anak Khitan Massal Gratis Watermark Ketik
Kegiatan Khitanan Massal kolaborasi antara Rotary Surabaya Kaliasin dan RSUD Haji. (27/10/2024). (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dalam memperingati HUT Pemprov Jatim yang ke-79, Rotary Surabaya Kaliasin menggandeng RSUD Haji. Mereka mengajak 100 anak mengikuti Khitanan Massal di Surabaya pada Sabtu 27 Oktober 2024.

Khitanan Massal ini diikuti anak-anak berusia 3 hingga 12 tahun. Sasaran dari program ini adalah untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu.

President Rotary Club Surabaya of Kaliasin Farini Wanda menjelaskan acara khitanan ini menjadi salah satu kegiatan di 7 area fokus Club Rotary.

"Kegiatan Khitanan Massal ini masuk di dalam this prevention dan treament, jadi pencegahan dan pengobatan penyakit, kita jadi kolaborasi dengan RS Haji," jelasnya pada Sabtu 27 Oktober 2024.

Farini juga menjelaskan ini adalah sebuah bentuk kepedulian. Peserta yang berjumlah 100 anak dia sebut adalah sesuai kuota yang diberikan oleh RS Haji.

"Alhamdulillah, Rumah Sakit Haji memberikan kita kuota 100, jadi ternyata di luar sana banyak yang masih butuh khitanan, dengan berat hati kita tolak," ucapnya.

Nantinya, Farini juga memastikan agar kegiatan Khitanan Massal ini dapat dilakukan rutin setiap tahun, agar anak-anak di Surabaya lebih sehat.

"Insya Allah akan menjadi agenda rutin kita ya, kita sudah bicara dengan RS Haji nanti kita bicarakan apa yang perlu diperbaiki, mungkin nanti bukan hanya khitanan massal mungkin kesehatan ibu dan anak," ucapnya.

Foto Proses Khitanan Massal di RSUD Haji. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Proses Khitanan Massal di RSUD Haji. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Wakil Direktur Medik dan Keperawatan RSUD Haji Prov Jatim dr. Ananda Haris Sp.Bs. menjelaskan RSUD Haji setiap tahun menggelar kegiatan untuk memperingati HUT Jatim.

"Prinsipnya kita bekerja sama dengan Rotary Club dan beberapa dari Koperasi RS Haji sebagai donatur dan Baznas Jawa Timur," ucapnya.

Menurutnya, adanya Khitanan Massal ini dikhususkan untuk anak-anak yang belum dikhitan, sebagian besar kelurga anak-anak tersebut juga bukan pengguna BPJS.

"Ini adalah sebagai pengabdian masyarakat kami untuk kegiatan di rumah sakit," jelas dr Haris.

Dijelaskan juga oleh District Governor Rotary 3420 Suzana Chandra, antusiasme masyarakat dengan Khitanan Massal di RSUD Haji ini sangat tinggi, hingga banyaknya masyarakat yang tidak kebagian kuota.

"Saya berharap di next (kegiatan lanjutan) bisa adakan lagi, mungkin nanti jatahnya diperbaiki lagi karena itu adalah kerja sama dengan RS ini," tutupnya.

Rotary Surabaya of Kaliasin memberikan bingkisan seperti perayaan khitanan masal pada umumnya berupa pakaian dengan sarung, baju koko sekaligus kopiah, nasi kuning, beberapa buah alat tulis, happy meal dan juga snack box sekaligus uang pembinaan. (*)

Tombol Google News

Tags:

RSUD Haji Khitanan Massal Rotary Surabaya Kaliasin Farini Wanda Suzana Chandra dr. Ananda Haris Sp.Bs