Sambut Hari Polio Dunia, Rotary East Java Dorong Masyarakat Sadar Cara Pencegahan Penyakit

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

22 Oktober 2023 10:19 22 Okt 2023 10:19

Thumbnail Sambut Hari Polio Dunia, Rotary East Java Dorong Masyarakat Sadar Cara Pencegahan Penyakit Watermark Ketik
Fun Walk Rotary East Java We End Polio 2023. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Rotary East Java yang membawahi 14 klub dari Rotary Surabaya, Sidoarjo dan Malang menggelar berbagai kegiatan untuk menyambut Hari Polio Dunia.

Tema acara Rotary 2023 adalah Together, We End Polio. Acara yang digelar antara lain kampanye polio, fun walk dan games. Hal ini bertujuan agar masyarakat sadar bahaya penyakit polio dan bagaimana cara pencegehan penyakit lumpuh ini. 

Indonesia sudah dinyatakan bebas polio pada 2014. Situs Polio Eradication menyebut, pada Oktober 2022, tercatat hanya 28 kasus polio di dunia. 

Rotary merupakan organisasi sosial jaringan global. Pada 1985, Rotary meluncurkan Polio Plus. 

Lalu, pada 1988 berkontribusi dalam pendirian Global Polio Eradication Initiative bersama dengan World Health Organization (WHO), US Centers for Disease Control and Prevention, UNICEF, Bill & Melinda Gates Foundation, dan Gavi the Vaccine Alliance untuk mengimunisasi anak-anak. 

Foto Kampanye untuk pencegahan penyakit Polio pada balita untuk masyarakat Surabaya di Jln Tunjungan. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Kampanye untuk pencegahan penyakit Polio pada balita untuk masyarakat Surabaya di Jln Tunjungan. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Rotary telah berkontribusi lebih dari 2,4 juta dolar Amerika Serikat dan jam sukarelawan yang tak terhitung. Tujuannya untuk melindungi hampir tiga juta anak di 122 negara.

Dijelaskan oleh Aldian Wibowo Ardi sebagai Project Officer dari Rotary Club East Java bahwa target kegiatan untuk tahun ini adalah pasangan-pasangan muda atau para remaja. 

"Nanti setelah menikah mereka akan sadar tentang polio ini dan memberikan vaksin terbaik untuk bayi mereka," ujar Aldian, Minggu (22/10/2023). 

Aldian menambahkan bahwa World Polio Day merupakan program dari Rotary Internasional agar penyakit polio dapat hilang dari bumi ini. 

"Jadi ini program keberlanjutan dari Rotary Internasional, tahun ini untuk area Surabaya dan Jawa Timur. Kita memang mengambil tempat ikonik Surabaya yaitu Jalan Tunjungan," jelasnya. 

Foto Penyerahan goodie bag untuk masyarakat yang mengikuti kegiatan We End Polio Rotary East Java. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Penyerahan goodie bag untuk masyarakat yang mengikuti kegiatan We End Polio Rotary East Java. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Peserta dari Rotary Club yang mengikuti kegiatan ini sejumlah 320 orang dari Rotary seluruh klub se Jawa Timur ikut mensuport acara yang digelar di Tunjungan ini. 

Kegiatan World Polio Day ini mengkampanyekan secara lengkap mengenai penyakit polio pada masyarakat Surabaya lalu membagikan goodie bag untuk masyarakat. 

"Ada doorprize dari games-games yang menarik perhatian, di goodie bag ada tumbler dan pamflet berisikan polio. Antusiasnya luar biasa, terutama yang remaja yang datang itu 300 lebih," pungkas President Rotary Surabaya Timur ini. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rotary Hari Polio Sedunia We End Polio Rotary East Java kampanye polio fun walks World Polio Day