Rotary Club of Surabaya Kaliasin Berikan Pelatihan Eco Enzym untuk Masyarakat Genteng

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

29 Januari 2024 11:03 29 Jan 2024 11:03

Thumbnail Rotary Club of Surabaya Kaliasin Berikan Pelatihan Eco Enzym untuk Masyarakat Genteng Watermark Ketik
Rotary Club Surabaya mendampingi Bu Camat Genteng untuk memberikan pelatihan Eco Enzym. (Foto: Dok. Rotary Surabaya Kaliasin)

KETIK, SURABAYA – Rotary Club of Surabaya Kaliasin terus berupaya agar masyarakat dapat memanfaatkan sampah rumah tangga  menjadi lebih bermanfaat, salah satunya dengan cara penerapan Eco Enzym.

Kali ini, Rotary Club of Surabaya Kaliasin memberikan pelatihan Eco Enzym bekerja sama dengan Eco Enzym Nusantara di Kecamatan Genteng Surabaya, yang disambut secara langsung oleh Camat Genteng Mohammad Aries Hilmi.

Aries menjelaskan, pelatihan ini bermanfaat agar masyarakat bisa merasakan manfaat Eco Enzym. Selain untuk lingkungan, tetapi juga memiliki nilai ekonomi.

"Biar masyarakan bisa merasakan manfaat selain eco enzyme murni, juga turunannya yang bisa di komersilkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Foto Pelatihan Eco Enzym yang digelar oleh Rotary Surabaya Kaliasin untuk masyarakat Genteng Surabaya. (Foto: dok. Rotary Surabaya)Pelatihan Eco Enzym yang digelar oleh Rotary Surabaya Kaliasin untuk masyarakat Genteng Surabaya. (Foto: dok. Rotary Surabaya)

President Rotary Club Surabaya Kaliasin 2023-2024 Rohmawati menjelaskan, Eco Enzym banyak memiliki manfaat yaitu pembersih alami dan membantu mengurai lemak serta kotoran yang melekat di piring.

"Selain itu manfaatnya Eco Enzym untuk mengurangi pengeluaran kebutuhan masyarakat bisa buat cairan pupuk, buat cairan pembersih lantai, untuk cairan dan  mengurangi gatal-gatal pada luka ringan. Sehingga sangat membantu mengurangi pengeluaran kebutuhan masyarakat," tuturnya pada Ketik Media pada Senin, (29/1/2024).

Rohma menjabarkan, peserta pelatihan dari Ibu-ibu perwakilan RW se-Kecamatan Genteng dan masyarakat sekitar yang antusias mengikuti pelatihan tersebut karena dapat memanfaatkan sampahnya menjadi nilai ekonomi.

"Selain itu untuk mengurangi sampah di kota Suarabaya karena Ibu-ibu akan mengolah sampah menjadi Eco Enzym yang bermanfaat," jelasnya.

Mengenai pelatihan ini, Rohmawati berharap agar masyarakat dapat terus melakukan penerapan Eco Enzym untuk lingkungan rumah tangga.

"Diharapkan bisa meneruskan ilmu yang didapat utk menyebarkan manfaat pelatihan ini. Selain itu untuk mengurangi sampah di kota Surabaya juga," terangnya.

Eco Enzym, atau enzim alami yang dihasilkan dari bahan-bahan organik, dapat memiliki beberapa manfaat, seperti meningkatkan pertumbuhan tanaman, mengurangi limbah organik, dan meningkatkan kualitas tanah.

Penerapan Eco Enzym dalam kegiatan pertanian atau pengolahan limbah dapat membantu dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan produktivitas serta dapat mengurangi kebutuhan sehari - hari. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rotary Surabaya Kaliasin Rotary Rotary Kaliasin eco enzym President Rotary Club Surabaya Rohmawati pelatihan Eco Enzym
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1