TPS3R Desa Sumbergondo Kota Batu Bakal Jadi Percontohan Desa Lain

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

1 Agustus 2023 12:35 1 Agt 2023 12:35

Thumbnail TPS3R Desa Sumbergondo Kota Batu Bakal Jadi Percontohan Desa Lain Watermark Ketik
PJ Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat mengunjungi TPS 3R Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji, Selasa (1/8/2023). (Foto: Pemkot Batu)

KETIK, BATU – Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R) Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur akan menjadi TPS percontohan TPS 3R desa dan kelurahan lain di Kota Batu.

Hal itu disampaikan Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat mengunjungi TPS 3R Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji, Selasa (1/8/2023).

Menurutnya, TPS 3R Desa Sumbergondo berkapasitas 6 ton yang sudah melakukan upaya maksimal dalam pengolahan sampah termasuk pengolahan kompos. Bahkan, TPS 3R Desa Sumbergondo sudah lama tidak mengirimkan sampah ke TPA Tlekung.

"Kita sangat mengapresiasi TPS 3R yang ada di desa sumbergondo ini dan ingin menjadikan percontohan desa lain terutama yang belum aktif atau belum punya," katanya.

Dalam kesempatan itu juga, Aries mengajak seluruh masyarakat untuk memilah sampah dari rumah. Menurutnya hal tersebut memang membutuhkan kesadaran yang tinggi agar sampah tidak sampai terlalu banyak masuk ke TPA Tlekung.

Sampah, urai Aries, jika diolah dengan baik maka sampah bisa menghasilkan perputaran ekonomi. terutama untuk tenaga pemilah sampah dan bank sampah. Sehingga, persoalan sampah akan bisa segera teratasi dengan baik.

"Dengan melihat TPS 3R desa Sumbergondo, banyak manfaat yang diperoleh termasuk menghasilkan perputaran ekonomi bagi tenaga kerja baik tenaga pemilah maupun bank sampah," ujarnya.

Kepala Desa Sumbergondo, Hadi Purwanto mengatakan bahwa TPS 3R Desa Sumbergondo masih sederhana. Pihaknya memerlukan peralatan dan juga personel.

Dikatakannya, saat ini proses pemilahan sampah sudah dilakukan komunitas bank sampah di depan rumah warga atau di dekat incenerator Bumdes Sumbergondo.

"Kami berharap warga bisa semakin sadar akan pentingnya memilah sampah dari rumah. Karena dengan memilah sampah dari rumah akan memudahkan petugas pemilah saat masuk TPS 3R," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu TPS3R Desa Sumbergondo