Trending Sepekan: Korupsi Kredit Fiktif BNI Jember hingga Kasus Perusakan Pagar di Tuban

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Mustopa

13 Oktober 2024 14:09 13 Okt 2024 14:09

Thumbnail Trending Sepekan: Korupsi Kredit Fiktif BNI Jember hingga Kasus Perusakan Pagar di Tuban Watermark Ketik
(Grafis: Rihad Humala/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Penetapan tiga tersangka kasus kredit fiktif di Bank Negara Indonesia (BNI cabang Jember oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menjadi berita paling populer pekan ini. Dugaan korupsi ini disebut merugikan negara hingga lebih dari Rp125 miliar.

Pilkada kotak kosong di Kota Surabaya juga tak luput dari perhatian pembaca. Termasuk kasus pencurian sebuah toko di Pacitan yang aksinya berlangsung pada siang bolong, korban kehilangan Rp2,8 juta.

Selanjutnya adalah dugaan pelanggaran netralitas ASN di Pilkada Kabupaten Sleman 2024. Kemudian kasus perusakan pagar di Tuban untuk pembangunan proyek drainase di Desa Mlangi, Kecamatan Widang.

Berikut 5 berita trending sepekan pilihan redaksi:

1. https://ketik.co.id/berita/korupsi-kredit-fiktif-pidsus-kejati-jatim-tahan-pimpinan-bni-jember

Seksi Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur menetapkan tiga tersangka kasus kredit fiktif di Bank Negara Indonesia (BNI) cabang Jember dengan total kerugian mencapai Rp125.980.889.350.

Kasus ini menggunakan modus memberikan pinjaman kepada petani tebu. Tiga tersangka yaitu MFH kepala cabang bank di Jember itu tahun 2018 -2023, SD selaku ketua Koperasi Simpan Pinjam Mitra Usaha Mandiri Semboro (KSP Mums) , dan IAN selaku manager KSP Mums.

2. https://ketik.co.id/berita/kotak-kosong-surabaya-taufik-monyong-hegemoni-oligarki-dan-cukong-politik

Dalam Pilkada Surabaya 2024, Wali Kota petahana Eri Cahyadi bersama wakilnya, Armuji, menjadi satu-satunya pasangan calon yang diusung oleh 18 partai politik. Karena tidak ada lawan dari calon lain, mereka akan berhadapan dengan kotak kosong di pemilihan nanti.

Pemilihan kotak kosong hal ini mencerminkan mekanisme demokratis yang memberikan ruang bagi warga untuk menolak calon yang dianggap tidak mewakili aspirasi mereka, meskipun tidak ada pesaing lain di pemilihan.

3. https://ketik.co.id/berita/gasak-dompet-berisi-uang-rp28-juta-wajah-maling-toko-di-pacitan-terekam-cctv

Sebuah toko di Desa Bodag, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan menjadi sasaran pencurian pada Senin, 7 Oktober 2024 sekitar pukul 14.30 WIB.

Aksi pencurian yang terjadi di siang bolong tersebut membuat pemilik toko kehilangan dompet berisi kartu ATM, SIM, STNK, serta uang tunai sebesar Rp2,8 juta.

4. https://ketik.co.id/berita/terjadi-lagi-dugaan-pelanggaran-netralitas-asn-di-pilkada-sleman-2024

Beberapa hari lalu diberitakan Bawaslu Sleman meneruskan penanganan dugaan pelanggaran netralitas ASN yang dilakukan salah satu oknum ASN Dinkes Sleman ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat. Kini kembali beredar kabar seorang ASN di Kabupaten Sleman diduga melanggar netralitas. Ia adalah Panewu Anom (Sekcam) Kapanewon Godean Wahyudi ST MM yang juga merupakan Pj Lurah Sidokarto, Godean.

Adapun kronologis yang berhasil dihimpun Ketik.co.id, kejadian tersebut bermula pada Senin malam 07 Oktober 2024 antara pukul 20.00 s.d 21.50 WIB. Bertempat di rumah makan Kopi Lampung Sidokarto, Dusun Nogosari, Kelurahan Sidokarto, Kapanewon Godean, Kabupaten Sleman.

5. https://ketik.co.id/berita/kasus-pagar-rumah-warga-dirusak-pemdes-mlangi-demi-proyek-drainase-bpn-polres-tinjau-lokasi

Dampak pembangunan drainase yang merobohkan bangunan pagar sepanjang 30 meter di tanah rumah Pasutri Ali Mudrik (55) dan Suwarti (48) warga desa Mlangi, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, mulai memasuki babak baru.

Kali ini, Petugas Badan Pertanahan Negara (BPN) dan Penyidik Satreskrim Polres Tuban, meninjau lokasi untuk pengukuran tanah sebagai tindak lanjut laporan Ali Mudrik dan Suwarti atas dugaan pengrusakan bangunan pagar rumah miliknya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Trending Sepekan BNI pacitan tuban